Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado, Politik

FPT Calon KPID Harus Terbuka

Redaksi Manado Today   |   10 April 2011 – 14:26 WITA

Manado Today – Fit and Proper Test atau Uji kelayakan dan kepatutan calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Utara, yang akan dilakukan DPRD setempat diharapkan secara terbuka dan profesional, kata pengamat komunikasi politik Universitas Sam Ratulangi Manado, Ferry Liando.
“Jika nantinya para anggota KPID yang terisi adalah orang-orang yang kapabel dengan dunia penyiaran, kami optimistis hasilnya juga akan membawa perubahan positif bagi warga Sulut,” katanya di Manado, Minggu.
Menurutnya, hingga saat ini sistem penyiaran di daerah masih banyak meninggalkan persoalan dan perlu dibenahi secara baik oleh orang-orang yang memiliki komitmen kuat memajukan daerah.
“Sangat disayangkan nanti jika lembaga KPID yang dibangun dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2003 itu hanya dijadikan tempat ‘persinggahan’ atau lapangan kerja baru bagi orang-orang yang tidak kapabel dengan dunia penyiaran,” katanya.
Ferry yang kandidat doktor Universitas Padjajaran Bandung itu mengusulkan agar Komisi I DPRD Sulut melakukan uji kepatutan dan kelayakan calon anggota KPID setempat secara terbuka dan disaksikan publik serta pelaku dunia penyiaran, informasi, serta komunikasi setempat.
Ketua DPRD Sulut, Meiva Lintang, menyatakan optimistis pelaksanaan seleksi dan uji kepatutan serta kelayakan calon anggota KPID pada 26 April 2011 berlangsung netral.
“Kami tidak ingin diintervensi oleh siapapun terkait uji kepatutan dan kelayakan calon KPID. Ini murni dari seleksi terbuka dan transparansi,” katanya.
Masyarakat berhak menggugat dan mempertanyakan jika ada temuan seleksi KPID dilakukan secara tidak baik dan melanggar peraturan.
Menurutnya, seleksi KPID Sulut periode 2011-2014 harus berkualitas dan menghasilkan anggota yang kredibilitas serta cakap dalam tugasnya. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading