Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Advetorial

Fundamen Pengabdian SHS – DK

Redaksi Manado Today   |   31 Desember 2010 – 19:01 WITA

CATATAN AKHIR TAHUN : TONNY SUMAKUL
Memasuki tahun 2011, Sulut diperdapkan dengan berbagai tantangan, mulai dari kesejahteraan masyarakat, pembangunan, serta ekonomi yang meingkat. Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih periode 2010 – 2015, Dr Sinyo Harry Sarundajang (SHS) dan Djauhari Kansil (DK), mempunyai tantangan yang lebih tinggi dimasa Sulut menuju pintu gerbang asia pasifik.
Untuk 2010 sendiri, sudah banyak yang dilakukan oleh Pemerintahan SHS – DK, meskipun harus diakui bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang belum tuntas. Dimana dinamika penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan Sulut, telah ditandai dengan berbagai peristiwa penting yang mewarnai perjalanan tahun 2010 yang hampir lewat ini.
Tekad menuju pintu gerbang asia pasifik ini, merupakan awal kepemimpinan DR Sinyo Harry Sarundajang dan Drs. Djouhari Kansil, M.Pd melalui Pemilukada Langsung yang dilaksanakan tanggal 3 Agustus 2010, dan kemudian diambil sumpah dan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri RI Gamawan Fauzi pada tanggal 22 September 2010.
Tahun 2010 juga, Sulut mencatat keberhasilan di bidang penyelenggaraan pemerintahan., dimana paling spektakuler adalah keberhasilan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam penyelenggaraan dan pengelolaan keuangan untuk Tahun Anggaran 2009.
Di bidang ekonomi dan pembangunan, Sulut juga mencatat laju pertumbuhan ekonomi sebesar 7,04 persen, dan berada diatas laju pertumbuhan ekonomi secara nasional yang berada pada angka 6%. Selain itu, tiga sektor yang menjadi penyumbang terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi tersebut adalah sektor pertanian sebesar 3,40%, sektor perdagangan, hotel dan restoran sebesar 1,35% dan sektor jasa sebesar 1,08%.
Di bidang kemasyarakatan dan kesejahteraan sosial, Sulut mencatat berbagai kemajuan terutama dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial. Hal ini dibuktikan antara lain melalui capaian angka Indeks Pembangunan Manusia (Human Development Indeks) sebesar 75,16 %, rangking 2 tertinggi di Indonesia.
Keberhasilan di sektor pendidikan antara lain ditandai dengan prosentasi kelulusan siswa pada setiap jenjang pendidikan yang mencapai angka di atas 99% (SD/MI 100 %, SMP/MTs 99,89%, SMA/MA 99,95%, SMK 99,32%), dimaa seorang siswa SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon Christian Emor berhasil merebut Medali Emas Olimpiade Sains Tingkat Dunia di bidang Fisika.
Sedangkan bidang kesehatan, Sulut mencatat berbagai kemajuan dimana angka kematian bayi menurun sampai angka 25 per 1000 kelahiran hidup. Angka kematian ibu pada saat melahirkan menurun sampai 139 per 100.000 proses melahirkan, dengan target Nasional tahun 2010 226 per 100.000 proses melahirkan. Terkait dengan kemajuan ini, Sulut diberikan penghargaan Manggala Karya Bakti Husada.
Ha lain juga yakni ditetapkan Sulut menjadi salah satu dari 10 daerah tujuan wisata utama di Indonesia dan salah satu dari 5 daerah tujuan penyelenggaraan ivent MICE (Meeting, Incentive, Conference dan Exhibition).

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading