Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » DPRD Sulut

Gagal Temui Anggota Pansus DPRD Sulut, Aktivis Walhi ”Naiki” Mobnas Dewan

Staff Manado Today   |   13 September 2012 – 23:15 WITA

Manado-(manadotoday.com) Sejumlah aktivitis LSM Walhi Sulut, LMND Sulut dan KMPA Tunas Hijau, Kamis 13/9) mendatangi kantor DPRD Propinsi Sulut untuk bertemu dengan anggota Pansus untuk menolak rencana tambang di pulau Bangka.

Kesal karena tidak ada satu orangpun anggota Pansus bahkan anggota dewan yang menemui mereka, dua orang aktivis masing-masing Aryanti dan Maria melakukan aksi nekat dengan menaiki mobil dinas DPRD Sulut DB 4243 AM yang parkir di halaman kantor wakil rakyat itu.

Sontak saja aksi berani kedua aktivitas perempuan menarik perhatian warga dan seluruh karyawan DPRD Propinsi Sulut yang ada saat itu. Namun berkat kesigapan petugas kepolisian sektor Sario, aksi saling mendorong dan memaki antara pengemudi dan kedua aktvitis nekat akhirnya dapat teratasi.

Direktur eksekutif Walhi Sulut, Oderahman kepada wartawan mengatakan, pihaknya sangat kesat dengan sikap para wakil rakyat di DPRD Sulut, khususnya anggota Pansus, pasalnya kedatangan mereka untuk menyuarakan aspirasi sambil menyerahkan sebanyak 1283 lembar kartu pos penolakan aktivitas tambang di pulau Bangka itu,” Inilah model wakil rakyat kita, lebih memilih pesiar daripada menerima aspirasi masyarakat yang telah mendudukannya sebagai wakil rakyat,” tandasnya.

Masih menurut Ode, terbitnya IUP eskplorasi yang diterbitkan oeh Bupati Minahasa Utara merupakan satu kebijakkan “ dipaksakan” serta catat hukum serta telah mengabaikan hak-hak masyarakat di 3 Desa dengan jumlah 1800 jiwa itu” Kami berpendapat bahwa pemerintah lebih memilih bersahabat dengan investor asing daripada memperdulikan dan mengedepankan kepentingan masyarakatnya,” ungkap dia.

Adapun tuntutan ketiga LSM di Sulut itu antara lain, pertama pansus Ranperda RT/RW Sulut mengeluarkan pernyataan bahwa SK Bupati Minut adalah terindikasi cacat hukum.kedua pansus Ranperda RT/RW Sulut untuk tidak mengakomodir usulan Gubernur Sulut dan Bupati Minut yang berkeinginan pulau Bangka sebagai wilayah pertambangan dan ketiga DPRD Sulut segera mengeluarkan rekomendasi kepada Gubernur Sulut dan Bupatu Minut segera menghentikan aktifitas PT MMP dan mengeluarkan PT MMP dari pulau Bangka.(Gin)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading