Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

Gaji Januari 2012 PNS Sangihe Belum Dibayar

Redaksi Manado Today   |   9 Januari 2012 – 23:13 WITA
Maurits Berhandus

Sekda Sangihe Drs Maurits Berhandus SH

Tahuna, MTC – Sekitar lima ribuan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemkab Sangihe, mempertanyakan hak mereka. Pasalnya, gaji untuk bulan Januari 2012 hingga saat ini belum dibayarkan.
Sontak saja, hal itu membuat para abdi Negara itu kalang kabut, karena kebutuhan hidup termasuk biaya pendidikan anak-anak mereka yang akan kembali melaksanakan perkuliahan di sejumlah perguruan tinggi di Manado dan Minahasa, terpaksa harus menunda keberangkatan karena harus menunggu gaji dari orang tua mereka.
Kepada manadotoday, Senin (09/01/2012), sejumlah PNS dilingkup Pemkab Sangihe, mempertanyakan kebijakan pemimpin mereka yang hingga saat ini belum melakukan pembayaran gaji.
“Entah apa yang menyebabkan sehingga gaji kami belum dibayarkan. Padahal, kami sangat membutuhkan gaji tersebut untuk biaya pendidikan anak-anak kami yang akan melaksanakan perkuliahan di Manado,” tutur sejumlah PNS yang meminta agar identitas mereka dirahasiakan.
Mereka menambahkan, bahwa dalam aturan sudah sangat jelas mengatur bahwa pembayaran gaji PNS tidak boleh ditunda-tunda.
“Dalam Permendagri maupun aturan lain menyangkut otonomi daerah, dimana pengelolaan keuangan daerah sangat jelas diatur bahwa dilarang melakukan pembayaran atau pengeluaran sebelum APBD ditetapkan kecuali gaji, sehingga apapun alas an pemerintah daerah yang belum membayarkan gaji kami PNS hingga saat ini patut dipertanyakan. Padahal, APBD untuk tahun anggaran 2012 telah ditetapkan bersama anggota dewan pada 23 Desember 2011 lalu,” tandas mereka lagi.
Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Sangihe, Drs Maurits Berhandus SH ketika dikonfirmasi terkait persoalan gaji PNS yang belum dibayar tersebut mengatakan bahwa keterlambatan pembayaran gaji tersebut bukan karena ada kesengajaan, tetapi karena sejumlah pimpinan SKPD belum memasukan daftar gaji ke Dinas PPKA, sehinga terjadi keterlambatan.
”Kami berharap seluruh PNS bisa bersabar, karena keterlambatan pembayaran gaji awal untuk bulan Januari 2012 ini dikarenakan sejumlah bendaharawan dari SKPD belum memasukan daftar gaji ke Dinas PPKA. Pokonya dalam waktu dekat ini, seluruh gaji PNS untuk bulan Januari 2012 akan segera direalisasikan,” ujar Berhandus, seraya menambahkan bahwa pembayaran gaji bagi seluruh PNS di Lingkup Pemkab Sangihe harus diproses melalui Surat Keputusan (SK) Bupati. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading