Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Galian C di Mitra Diduga Bermasalah

David Masengi   |   17 Juli 2012 – 12:53 WITA

Warga Minta Pemkab Mitra Tinjau Ijin Galian C di Mitra

RATAHAN, (manadotoday.com) – Sejumlah galian C di wilayah Minahasa Tenggara (Mitra) diduga bermasalah. Pasalnya galian C di beberapa wilayah ini ditenggarai menyalahi aturan yang berpotensi merusak  kelangsungan lingkungan hidup disekitar lokasi galian.

Hal ini diutarakan oleh Sonny Najoan tokoh masyarakat Mitra.

”Kami minta agar Pemkab Mitra segera melakukan tindakan terhadap sejumlah perusahaan yang melakukan pengelolaan tambang pasir dan batu alias galian C, karena kuat dugaan menyalahi aturan dan berpotensi mencemari lingkungan sekitar,” tandas Nayoan.

Semisal kata Nayoan, galian C di Desa Molompar Dua Utara, kecamatan Tombatu Timur, yang dikelola PT Sinar Terang, akibat pengoperasian perusahaan tersebut, air persawahan di kawasan itu ditenggarai tercemar limbah sisa pembuangan minyak kendaraan yang beroperasi di kawasan itu.

”Selain itu ditenggarai ijin areal pertambangan tidak sesuai dengan ijin yang dikeluarkan Pemkab Mitra. Dicurigai ijin yang dikeluarkan hanya sekitar 13 hektar, namun kawasan yang dikelola sudah sekitar 80 hektar,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (SDM) Ir Jantje Loway MBA STh saat dikonfirmasi manadotoday mengatakan, akan menindak lanjuti informasi tersebut.

“Kami akan segera meninjau kegiatan galian C di kawasan itu. Jika memang informasi itu benar pemkab tidak akan segan mencabut ijin usaha,” tegasnya.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading