Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Gaung Save Bunaken Kembali Surut

Aldi Mawitjere   |   1 April 2012 – 19:23 WITA
Rorimpandey

Widdy Rorimpandey SP MPd

MANADO, (manadotoday.com) – Komitmen untuk mengolah Taman Laut Bunaken, jangan hanya seremoni belaka. Demikian dikatakan salah satu pemerhati kota Manado, Widdy Frans Rorimpandey SP MPd.
“Gaung Save Buneken seakan hanya awal-awalnya saja yang mantap. Harusnya gaung bukan hanya fokus pada konservasi taman bawah lautnya. Maka itu keberadaan tempat atau kawasan darat Bunaken juga perlu diperhatikan,”urainya.
Komitmen bukan hanya pada awalnya, namun harus dilakukan secara berkelanjutan. Keberadaan sampah di kawasan wisata harus ada pemberlakukan. Jangan semuanya dibuang disatu tempat.
“Pengelolaan harus bertanggung jawab manakala sampah disana jadi sorotan pengunjung. Karena tidak bisa dipungkiri perhatian pemerintah kota selalu fokus, namun seakan pengelola TNB selalu cuci tangan,”tegasnya.
Lebih tagas lagi, aktivis pemuda yang juga merupakan akademisi ini menyoroti pengelola yang seakan hanya akhir-akhir ini tidak lagi melihat keberadaan TNB. Bahkan Widdy sapaan akrabnya mempertanyakan bantuan pengelolaan TNB, baik itu dari pusat maupun luar negeri.
“Saya mendapat informasi ada beberapa bantuan untuk konservasi dan pemeliharaan Taman Laut Bunaken. Harusnya ada bantuna pastinya ada perbaikan dan pemeliharaan. Jadi kalau Pemkot Manado yang fokus melakukan pebenahan di Bunaken kenapa tidak diserahkan saja pengolaannya, itu menjadi tanda tanya,”jelasnya.
Dilain pihak dari wawancara manadotoday dengan warga setempat mengakui bahwa akhir-akhir ini para pengelola TBN sudah tidak perana lagi berkunjung kesana.
“Mereka sudah tidak perna lagi kemari untuk melihat dan menata maupun lainnya disini. Hanya pada saat gaung save buneken saja. Kalau masyarakat luar saja peduli akan lingkungan kita kenapa kita tidak. Nanum selama ini kita masyarakat tidak dilibatkan sepenuhnya,”ujar mereka.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading