Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Manado

Gempa 7,5 Skala Ricter, Tsunami Landa Manado

Redaksi Manado Today   |   15 Maret 2011 – 12:25 WITA

Manado Today – Eitsss jangan panic dulu. Judul tersebut hanya berupa simulasi penyelamatan yang disajikan dalam ASEAN Regional Forum-Disaster Relief Exercise (ARF-Direx) siang tadi. Atraksi penyelamatan warga korban gempa bumi dan tsunami, mewarnai pelaksanaan latihan bersama internasional penanggulangan bencana, di Kota Manado ini.

Atraksi ini disaksikan langsung Wakil Presiden (Wapres) Boediono dan jajaran Menteri Kabinet Indonesia Bersatu itu. Atraksi ini menampilkan sejumlah regu penyelamat dari TNI/Polri, Tim SAR, PMI dan Tagana yang melakukan aksi penyelamatan terhadap warga ketika gempa bumi 7,5 Skala Richter dan tsunami melanda Kota Manado.

Pada saat warga panik ketika gempa bumi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) langsung merilis ada potensi tsunami, dan langsung disebar kepada masyarakat.

Usai peristiwa itu, Gubernur Sulut langsung mengambil langkah darurat dengan menunjuk komandan tanggap darurat dan langsung melakukan penanggulangan kepada korban yang masih selamat.

Pada saat itu juga, bala bantuan mulai berdatangan baik itu relawan, tenaga medis, kebutuhan pangan dan pakaian disalurkan melalui jalur udara. Sementara itu, Wapres Boediono dalam sambutan peresmian latihan gabungan tersebut, mengatakan ARF Direx akan meningkatkan kapasitas baik pemerintah, militer maupun sipil dalam merespons bencana.

Selain itu juga akan mendorong kemampuan dalam melakukan koordinasi antarnegara dalam penanganan bencana secara multilateral. Sementara itu, warga Manado yang menyaksikan kegiatan itu, mengaku kagum dengan simulasi itu dan berharap menjadi pembelajaran bagi mereka.

“Memang daerah kita rawan bencana seperti gempa bumi dan tsunami, sehingga latihan seperti ini menjadi modal informasi untuk belajar menghindari,” ungkap Reyna, ibu rumah tangga yang menyaksikan di lokasi pelatihan. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading