Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

GMKI dan GAMKI Kritisi Mahalnya SPP di UNSRAT

Staff Manado Today   |   29 Juli 2011 – 18:35 WITA

Manado Today – Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia dan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia Cabang Manado melakukan protes mahalnya SPP di Universitas Sam Ratulangi.

Menurut GMKI dan GAMKI, para mahasiswa, putra-putri daerah baik dari desa maupun kota se-Sulut hingga 1999 masih dengan mudah dan leluasa mengenyam pendidikan di Unsrat.

“Biaya SPP saat itu Rp120 ribu untuk noneksakta dan Rp180 ribu untuk eksakta, serta tidak ada biaya pembangunan, sehingga Unsrat mendapat pujian dari masyarakat,” kata Jeverson Petonengan.

Ia mengatakan awal malapetaka mulai terjadi pada 2000 hingga 2003 dengan munculnya berbagai kejanggalan tagihan untuk pembangunan kampus, namun masih dijangkau dan bisa dicicil.

Namun sejak 2004, kata dia, tagihan ini mulai menjadi momok bagi setiap anak buruh, nelayan, petani dan kaum miskin kota, untuk bersekolah di Unsrat.

“Bahkan pada 2011 SPP di Unsrat sudah mencapai Rp1 juta hingga Rp6 juta, sedangkan uang pembangunan mencapai puluhan juta rupiah. Masyarakat kecil menjadi korban, mendaftar ujian masuk saja takut mendengar angka yang fantastis tersebut,” katanya.

Ia mengatakan, lebih parah lagi tagihan uang pembangunan ada yang tidak disertai tanda terima berupa kuitansi.

Program bantuan bagi masyarakat kurang mampu, kata dia, lebih bersifat formalitas dan tidak tepat sasaran, faktanya program bantuan hanya berfungsi sebagai topeng kalau ada kritikan masyarakat.

GMKI dan GAMKI Cabang Manado mengajak semua elemen masyarakat untuk berjuang agar Unsrat membuka seluas-luasnya bagi masyarakat miskin.

Aktivis mahasiswa lainnya David Liando menegaskan pihaknya membuka posko pengaduan di “Student Center” GMKI Manado, Jalan Kampus Timur Nomor 15 Kleak, Lingkungan III, Manado.

Menanggapi protes tersebut, pihak rektorat Unsrat belum bisa dihubungi.(ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading