Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Golkar, PKPI Kecipratan Dana Parpol

Staff Manado Today   |   10 Agustus 2011 – 18:30 WITA

Ratahan Today – Hingga memasuki semester dua 2011 ini, ternyata baru ada dua partai politik (Parpol) yang mencairkan dana bantuan partai politik (Parpol) dari 11 partai peraih kursi di DPRD Mitra yang berhak untuk dana ini. Dua parpol itu adalah Partai Golkar dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Kepala Badan Kesejahteraan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol Linmas) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Hendrik Sompotan SH MH menjelaskan, baru dua partai ini telah lengkap berkas administrasi dan persyaratan untuk pencairan dana bantuan parpol ini, sehingga pihaknya menerbitkan rekomendasi pencairan.

“Kesbang hanya sampai pada penerbitan rekomendasi pencairan, sedangkan pencairan itu sendiri dilakukan di Dinas Keuangan. Dan baru 2 parpol yang mendapatkan rekomen-dasi itu setelah persyaratan dan berkasnya lengkap,” terangnya.

Selain pertanggungjawaban pemanfaatan dana bantuan parpol 2010, terang Sompotan, syarat paling utama dalam pencairan dana bantuan parpol 2011 ini adalah salinan kepengurusan parpol bersangkutan di Mitra yang dilegalisasi oleh pimpinan parpol tersebut di tingkat tertinggi/tingkat pusat. “Sekarang besarnya dana bantuan tidak lagi ditentukan oleh jumlah kursi seperti dulu, tetapi berdasarkan jumlah suara sah yang diperoleh parpol tersebut dalam Pemilu lalu. Ini sesuai Permendagri 5 Tahun 2009,” terangnya.

Rumus perhitungannya, lanjut Sompotan, total anggaran yang dikucurkan pemerintah pusat untuk dana bantuan parpol dibagi total suara sah semua parpol peraih kursi par-lemen untuk mendapatkan bilangan pembagi. Untuk 2011, total dana bantuan Rp 400 juta, sedangkan total suara sah parpol peraih kursi parlemen 51.047 suara. Dengan begitu, maka bilangan pembaginya adalah 7.835.

“Bilangan pembagi ini dikalikan dengan jumlah suara sah masing-masing parpol peraih kursi parlemen, dan itulah jumlah yang akan diterima masing-masing parpol,” pungkasnya. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading