Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

Golkar Tomohon Pertanyakan Bantuan Parpol 2010 yang Tidak Dicairkan

Ardi Kalumata   |   31 Juli 2012 – 20:49 WITA
golkar tomohon

Koordinasi Forum-Forum Diskusi Politik

TOMOHON, (manadotoday.com)—Partai Golkar Tomohon mempertanyakan Dana Bantuan Partai Politik (Parpol) tahun 2010 yang tidak dicairkan oleh Pemerintah Kota Tomohon.

Wakil Ketua DPD II Partai Golkar Tomohon Piet HK Pungus SPd mempertanyakan hal ini dalam kegiatan Koordinasi Forum-Forum Diskusi Politik yang dilaksanakan Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas) Kota Tomohon di Aula Edelweis Kolongan I Tomohon Tengah Selasa (31/7).

‘’Ini tidak adil. Parpol lain  yang memiliki kursi di DPRD Tomohon diberikan bantuan. Sementara Partai Golkar yang memiliki kursi paling banyak, tak dicairkan oleh pemerintah saat itu,’’ ketus Pungus.

Partai Golkar sendiri memiliki 8 kursi di DPRD Tomohon dengan jumlah suara sekitar 19 ribu pada Pemilu 2009 lalu.

Tahun 2010 saat pencairan dana tersebut Tomohon dipimpin oleh Pejabat Walikota Drs Gerson Mamuaja dan Sekretaris Kota Ir Laurens Bulo MSc MM.

Sebelumnya, saat memberikan laporan kegiatan, Kepala Panitia Drs Noldy Z Karwur mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk menyamakan pemahaman atas peraturan perundang-undangan di bidang partai politik khususnya terkait dengan bantuan keuangan kepada partai politik sehingga permasalahan-permasalahan yang dihadapi teratasi.

Sedangkan tujuan yang diharapkan dari kegiatan ini adalah terwujudnya tertib pertanggungjawaban bantuan keuangan partai politik. Yang tercermin dalam tertib perhitungan besaran bantuan, tertib penganggaran dalam APBD, tertib pengajuan bantuan, tertib verifikasi kelengkapan administrasi, tertib penyaluran bantuan, tertib penggunaan bantuan, dan tertib pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan partai politik.

Untuk tahun 2011, masih ada Parpol yang belum memberikan laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan dana tersebut, yakni Partai Gerindra.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SEAk saat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut, mengatakan bahwa berdasarkan peraturan perundang-undangan di bidang politik, salah satu hak partai politik terkait dengan keuangan adalah memperoleh bantuan keuangan dari APBN/APBD yang disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan.

Disisi lain partai politik berkewajiban antara lain membuat pembukuan, memelihara daftar penyumbang dan jumlah sumbangan yang diterima, terbuka kepada masyarakat, serta menyampaikan laporan pertanggungjawaban penerimaan dan pengeluaran keuangan yang bersumber dari APBN/APBD secara berkala satu tahun sekali kepada pemerintah setelah diperiksa oleh BPK.

Eman pun berharap kiranya kita semua dapat memanfaatkan kegiatan ini sebagai wahana peningkatan pemahaman atas peraturan perundang-undangan di bidang politik khususnya terkait dengan bantuan keuangan kepada partai politik.

Kegiatan ini diikuti sekitar 60 orang yang terdiri dari pengurus Parpol yang memperoleh kursi di DPRD Kota Tomohon, tenaga administrasi/staf sekretariat partai politik, tim verifikasi kelengkapan administrasi bantuan keuangan kepada parpol, hadir juga dari Tim BPK RI AM Bagus Pandja Putra Djaya, Efron Sitepu, SE Ak MM, Kepala Badan Kesbangpol dan Perlindungan Masyarakat Kota Tomohon Drs DJS Mandagi. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading