Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Gorontalo Belum Maksimalkan Sektor Pariwisata

Redaksi Manado Today   |   25 Maret 2011 – 12:39 WITA

Gorontalo Today – Pengamat pariwisata dan kebudayaan, Toti Lamusu mengatakan, Pemerintah Gorontalo belum memaksimalkan seluruh kekayaan potensi pariwisata dan kebudayaan di daerah ini. “Pemerintah Gorontalo belum memaksimalkan potensi pariwisata, untuk promosi ragam kekayaan budaya Gorontalo,” katanya di Gorontalo, Jumat (25/03/2011).
Pernyataan tersebut disampaikan Toti terkait pengembangan manajemen pariwisata Gorontalo, yang dinilainya perlu diseriusi oleh pemangku kebijakan, utamanya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat.
Pemerintah Provinsi Gorontalo, termasuk Kota dan Kabupaten di daearah itu, terkesan tidak memiliki rancangan kebijakan promosi pariwisata.
Menurutnya, jika Pemerintah sudah memiliki disain strategi promosi pariwisata, kenapa belum ada tindak lanjut dari perencanaan tersebut?.
“Saya mengamati, justru Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi dan Kota Gorontalo masih jalan di tempat, bahkan kehilangan arah untuk membangkitkan pariwisata Gorontalo,” katanya.
Ia menyarankan untuk promosi wisata tidak perlu menggunakan anggraan besar, namun cukup mengawalinya dengan membenahi objek wisata terutama menyangkut masalah kebersihan lokasi, agar daya tarik pengunjung meningkat.
“Cara paling sederhana yaitu membenahi lokasi wisata, seperti benteng, taman, dan pantai. Menjaga dan melindungi objek agar memberikan kenyamanan pada pengunjung,” papar Toti.
Ketika menyinggung masalah kebijakan Disparbud Kota Gorontalo yang berencana mendatangkan investor di bidang pariwisata, Toti mengemukakan hal itu terlalu berlebihan.
“Jangan terlalu jauh untuk melibatkan investor luar, tuntaskan dulu yang perlu dibenahi. Namun jika itu terjadi artinya Pemda tidak mampu lagi mengelola pariwisata Gorontalo,” imbuhnya. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading