Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Gorontalo Kekurangan Penjaga Areal Konservasi

Staff Manado Today   |   29 Juni 2011 – 17:31 WITA

Gorontalo Today – Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Konservasi Wilayah II Gorontalo, Sudiono mengatakan, saat ini pihaknya sangat kekurangan penjaga arela konservasi. Pasalnya, dari luas 80 ribu hektare areal konservasi di daerah ini, hanya dijaga empat orang petugas.

“Kami masih kurang tenaga jaga konservasi jika dibandingkan dengan luas arela konservasi ini,” ujar Sudiono, Rabu (29/6/2011).

Menurutnya lagi, puluhan ribu hektar lahan konservasi di Gorontalo, berstatus Suaka Marga Satwa (SM) dan Cagar Alam (CA). dimana untuk CA berada di Pulau Pepaya, Emas dan Raja yang terletak di Kabupaten Gorontalo Utara (Rorut), yang menjadi habitat penyu, sementara untuk SM yakni Nantu di Kabupaten Gorontalo dan Boalemo dengan habitat satwa endemik Babi Rusa, Anoa.

“Jadi, keterbatasan anggota jaga ini, kami sering kecolongan dari oknum-oknum perambah hutan dan pencuri hewan endemik,” pungkasnya.

Ia menambahkan, untuk Kabupaten Pohuwato terdapat CA Panua dengan habitat burung Maleo, dan CA Tanjung Panjang merupakan hutan magrove terbesar di kawasan Teluk Tomini. (ann/ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading