Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Lintas Berita

Gorontalo ‘Tagih’ Situs Purbakala yang ada di Sulut

Redaksi Manado Today   |   2 September 2010 – 18:21 WITA

Manado Today – Komisi IV DPRD Gorontalo yang membidangi pendidikan dan Kesra, Kamis (02/09/2010) mengunjungi Pemprov Sulut untuk membahas pengembalian sejumlah aset benda purbakala Gorontalo yang berada di Sulut. Kunjungan kedelapan wakil rakyat Gorontalo tersebut, diterima langsung oleh Kepala Biro pemerintahan dan humas Setdaprov Sulut, Drs Roy Tumiwa, dilaksanakan di ruang eks WOC Kantor Gubernur Sulut.

Ketua tim Ir Syarifudin Mobilu mengatakan, mereka akan meminta sejumlah situs-situs purbakala Gorontalo yang ada di Sulut, sejak pemekaran 2001 lalu.

Sementara itu, Tumiwa menjawab akan permintaan tersebut menyatakan, mengenai situs purbakala yang disimpan di museum, telah dilindungi oleh Undang-Undang (UU). Jadi untuk mengeluarkannya dari museum, harus ada izin UU yang dikeluarkan pemerintah pusat.

“Kami tak memiliki kewenangan mengeluarkan situs tersebut. Jadi sebaiknya pemerintah Gorontalo menyurati pemerintah pusat, untuk meminta pemindahan situs-situs tersebut,” kata Tumiwa.

Seperti terungkap dalam pertemuan tersebut, situs-situs Gorontalo yang tersimpan di Museum Sulut, yakni fosil purbakala gorontalo, dan keris yang disumbangkan Sultan Ternate, untuk Gorontalo kala itu. (Ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading