Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Green Community SMP N 2 Bitung Tetap Komitmen Peduli Lingkungan

Aldy Monareh   |   30 Oktober 2011 – 09:27 WITA

Bitung, MTC – Pendidikan lingkungan sebaiknya mulai ditanamkan sejak di bangku sekolah. Karena pendidikan lingkungan penting agar para siswa diajarkan punya jiwa peduli dalam menjaga lingkungan agar tidak terus mengalami kerusakan.
Hal inilah yang kemudian menjadi inspirasi SMP Negeri 2 Bitung membentuk green community yang berkomitmen untuk terus memacu program peduli lingkungan.

Green Community yang menurut Kepala Sekolah Julius Ondang, sudah lima tahun eksis, tujuannya untuk mengajarkan kepada siswa bagaimana menjaga serta mengantisipasi agar alam tidak akan terus menerus mengalami kerusakan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

”Di comunity ini diajarkan hal sederhana memelihara lingkungan, seperti haknya, bagaimana siswa tidak buang sampah sembarangan, pemilahan sampah, pengomposan dan kesadaran menanam pohon,” ujar Ondang.

Saat ini kata Ondang bahwa pihaknya hanya sebatas melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap community ini, sementara yang menjalankan program adalah community itu sendiri yang terdiri dari siswa.

”Awalnya kami terlibat langsung namun saat ini tinggal para Kakak kelas yang mengajarkan kepada asik kelasnya bagaimana menjaga lingkungan, yang tujuannya untuk mengajarkan siswa untuk mandiri serta tertanam jiwa peduli lingkungan hingga mereka menjadi dewasa. Dan ini terus berlanjut,” ujarnya.

Karena itu kehadiran green community diharapkan Ondang, akan memberikan dampak positif bagi terciptanya generasi yang peduli dan punya rasa memiliki terhadap lingkungan, sehingga secara sadar akan menjaga lingkungan dari kerusakan.

”Ini juga diharapkan akan menjadi motifasi sekolah lain untuk menumbuhkan kepedulian siswa terhadap lingkungan agar terus lestari sampai kapanpun,” tutupnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading