Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Pemerintahan

Gubernur Sulut : Banyak Organisasi Pemerintahan “Kegemukan”

Tonny Sumakul   |   1 Agustus 2012 – 23:23 WITA

MANADO, (manadotoday.com) – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Dr. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), menilai jika saat ini banyak organisasi pemerintahan “kegemukan”, dalam artian pegawainya melebihi jumlah sepantasnya.

“Banyak organisasi di pemerintahan yang masih gemuk,” tandas orang nomor satu di Sulut itu.

Sarundajang pun menyentil terkait pelaksanaan reformasi birokrasi, yang sampai saat ini dinilai belum maksimal. Untuk itu, reformasi birokrasi tersebut prinsipnya harus dimulai dari organisasi itu sendiri.

“Organisasi sendiri itu yang dimaksud itu, yakni unit kerja yang mewadahi pegawai negeri sipil,” terangnya.

SHS sapaan akrabnya, membandingkan sistem perekrutan PNS di tahun 70-an yang dikenal dengan istilah ganti NIP (nomor induk pegawai), yang jauh berbeda dengan perekrutan PNS dewasa ini, yang hampir setiap tahunnya dilakukan.

“Ini dikhawatirkan, beberapa tahun kedepan ada PNS yang kemungkinan takkan memiliki meja kerja. Kalau sampai seperti itu, reformasi birokrasi sebagaimana yang diharapkan akan sulit dicapai,” ucapnya.

Sarundajang kembali mengingatkan, untuk mengatasi jumlah PNS yang membengkak, harus dilakukan pencegahan sedini mungkin, dengan melakukan langkah tepat sepertihalnya uji kompetensi pegawai. Kata dia, kompetensi pegawai itu perlu dilakukan, untuk mengajarkan PNS semakin kreatif dan inovatif dan termotivasi agar menjadi lebih baik lagi, juga sadar akan kompertensi yang ada.

“Memang juga, terkait kompetensi gampang kita menyebutkannya namun susah untuk melakukan. Tapi kita harus lakukan ini, dan menjadi pekerjaan rumah secara bersama,” tandas penulis buku “Reformasi dalam Otonomi Daerah Birokrasi dan Upaya Mengatasi Kegagalannya”. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

& Komentar »

  • robert.kewas@yahoo.co.id mengatakan:

    Pak Gubernur baru sadar ya? masa sudah hampir 2 periode jadi Gubernur baru ngomong begitu apalagi mantan Irjen Depdagri.. seharusnya yang dibilang orang Pak Gub seorang yang berwawasan jauh ke depan seharusnya sudah sudah diantisipasi lebih awal..

  • tommy mengatakan:

    singkat jo nech,.,

    mmg butul sob,.,.
    skrg banya pegawai yang biasa pake istilah
    ‘datang lat pulang capat’
    tanawangkobigland.blogspot.com

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading