Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Gubernur Sulut Dukung Pembentukan Provinsi Bolaang Mongondou

Tonny Sumakul   |   21 September 2012 – 20:11 WITA
SHS

Gbernur Sulut, Dr. SH Sarundajang

MANADO, (manadotoday.com) – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Dr. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), menyatakan, siap mendukung pembentukan provinsi baru di daerah ini, yakni Provinsi Bolaang Mongondou.

“Ya, saya dukung itu. Saya orang pertama yang akan dukung pemekaran wilayah Bolmong itu. Namun, namanya harus Provinsi Bolaang Mongondou, bukan Provinsi Totabuan. Kurang tepat jika gunakan nama seperti itu,” ujar orang nomor satu di Sulut itu.

Dijelaskan Sarundajang, namun saat ini pemekaran-pemekaran daerah baru, masih akan terganjal moratorium dari pemerintah pusat. Sebab, pemekaran suatu daerah, adalah kewenangan pemerintah pusat.

“Kalau kami (Pemprov) tak masalah. Namun, ini masih ada moratorium pemekaran daerah baru. Sebelum itu dicabut, sudah tentu belum boleh diproses. Kan ada undang-undang yang mengatur itu, bukan hanya Perda saja,” terang Sarundajang, seraya mengatakan dirinya takkan menghambat atau memperlambat, pemekaran wilayah Bolmong.

Diketahui, Rabu (19/9), Dewan Bolmong menggelar rapat yang dihadiri empat Bupati di wilayah Bolmong Raya, kecuali Bupati Bolmong Selatan (Bolsel). Dalam rapat itu, mereka melakukan deklarasi pembentukan Provinsi Bolmong Raya.

“Kami akan bertekad membangun daerah ini. Kami akan kawal untuk mewujudkan Propinsi Bolmong Raya,” ungkap Ketua Dewan Bolmong, Abdul Kadir Mangkat. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading