Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Gubernur Sulut Lantik Sekda Definitif Manado dan Kotamobagu

Tonny Sumakul   |   27 April 2012 – 19:04 WITA
pelantikan Sekda Definitif Kotamobagu

Sarundajang saat melantik Sekda Definitif Manado dan Kotamobagu

MANADO (manadotoday.com) – Setelah melalui proses ketentuan yang berlaku, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Dr. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), Jumat (27/4) melantik Sekretaris Daerah (Sekda) definitif dari dua daerah di Sulut, yakni Kota Manado dan Kota Kotamobagu.
Pelantikan yang dilaksanakan di ruang Mapalus kantor gubernur Sulut itu, sesuai dengan PP Nomor 23 tahun 2010 tentang Perubahan Atas PP Nomor 19 Tahun 2010, tentang Tatacara Pelaksanaan Tugas dan Wewenang, serta Kedudukan Keuangan Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah di Wilayah Provinsi.
Dua Sekda yang dilantik serta diambil Sumpah/Janji tersebut, yakni Ir. Maynard Haevrey Frayer Sendoh selaku Sekretaris Daerah Kota Manado berdasarkan SK Gubernur Nomor 821.2/BKD/76/2012 dan Drs. H. Mustafa Limbalo sebagai Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu berdasarkan SK Gubernur Nomor 821.2/BKD/75/2012.
Dalam sambutannya, Sarundajang mengatakan bahwa ada tiga alasan yang mendasar, sehingga pelantikan Sekkot Manado dan Kotamobagu dilakukan oleh Gubernur, diantaranya, merupakan kewenangan Gubernur dan amanat ketentuan yang berlaku, mempunyai waktu untuk melakukan pelantikan tersebut, dan  pelantikan ini diharapkan akan memperkuat soliditas hubungan Provinsi dan Kabupaten/Kota, guna mempercepat pelaksanaan tugas pelayanan ke masyarakat.
“Tapi ini bukan berarti loyalitas Sekda di Kabupaten/Kota beralih kepada Gubernur, namun Sekda Kabupaten/Kota itu, adalah pembantu utama Bupati/Walikota dan Wakilnya dalam menjembatani hubungan dengan Pemprov, Forkopimda Kabupaten/Kota para, juga pejabat eselon II dan DPRD di masing-masing daerah,” kata Sarundajang.
Lanjutnya menyampaikan, kedudukan Sekda di kabupaten/kota juga, sangat strategis sebagai “Back Bone” (tulang punggung) penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan,  terlebih pelayanan masyarakat.
“Seorang Sekda harus bisa memerintah bawahannya, dan berkoordinasi ke atasannya, yakni Walikota atau Bupatinya,” tukas Sarundajang.
Kata dia, diyakini juga bahwa dua Sekda yang baru dilantik ini, memiliki kompetensi dan kemampuan serta catatan perjalanan karir yang bagus, sehingga diharapkan mampu menjalankan tugas dan fungsi sebagai Sekda dengan baik.
“Manado adalah Ibukota Provinsi. Kota Kotamobagu disebut juga Kota kedua di Sulut. Jadi peran Sekda akan sangat strategis untuk menjadikan daerah-daerah ini lebih maju lagi,” ungkap Sarundajang.
Dalam pelantikan itu, dihadiri Sekprov Sulut Ir. Siswa Rahmat Mokodongan, Walikota Manado  Vecky Lumentut dan Walikota Kotamobagu  Djelantik Mokodompit, serta unsur Forkopimda dan Pejabat Eselon II Manado dan Kotamobagu. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading