Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Gugatan Monareh Dikabulkan PTUN Manado

Aldi Mawitjere   |   28 September 2011 – 22:14 WITA
harold monareh

Harold Monareh

Manado Today – Gugatan Sekkot Manado non aktif, Harold Monareh SH MSi terhadap Walikota Manado, DR Ir Vicky Lumentut SH MSi DEA di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Manado, terkait pergantian jabatan Sekretaris Daerah (Sekda), akhirnya dikabulkan oleh majelis hakim.

Hal ini terungkap dalam sidang yang dilaksanakan Rabu (28/09/2011) pagi tadi di PTUN Manado. Hal ini diperkuat dengan Surat Penetapan Nomor 32/Pen/G/2011/PTUN.Mdo, tertanggal 28 September 2011. Isi surat penetapan tersebut antara lain, membatalkan Surat Perintah (SP) Walikota Nomor 821.2/BKD/SK/14/2011 tentang pemberhentian sementara Harold Monareh dari jabatan Sekretaris Kota (Sekkot) Manado dan SP Nomor 800/LT.08/BKD/1287/2011, tentang pengangkatan Drs Arnold Kewas sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekkot yang dikeluarkan walikota.

Berdasarkan putusan tersebut, pengadilan memerintahkan tergugat dalam hal ini Walikota Manado untuk mengembalikan atau mengaktifkan kembali Monareh pada jabatan Sekkot Manado. Meski terkesan singkat namun penetapan putusan PTUN itu telah memiliki kekuatan hukum terhadap gugatan yang dilakukan Monareh.

Monareh saat dimintai tanggapannya mengatakan, tidak ada maksud untuk ‘melecehkan’ Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dengan gugatan yang diajukannya tersebut. Menurutnya, tujuan gugatan itu untuk mencari kepastian hukum terhadap mutasi jabatan yang dilakukan Walikota pada tanggal 24 Agustus lalu tersebut, karena sampai saat ini dirinya merasa masih bagian dari Pemkot Manado.

“Gugatan ini semata-mata untuk mencari kepastian hukum saja. Tidak ada maksud untuk melecehkan Pemkot Manado. Saya hanya serahkan putusan itu ke PTUN,” kata Monareh.

Sementara itu, Pemkot Manado belum menanggapi penetapan PTUN yang mengabulkan gugatan Harold Monareh tersebut. Hanya saja, Kepala Bagian (Kabag) Hukum dan Perundang-undangan, Donald Supit SH ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya masih menunggu sidang lanjutan yang dijadwalkan pada Rabu 5 Oktober mendatang.

“Sidang ini masih akan dilanjutkan pekan depan dengan agenda replik dan menghadirkan Plt Sekkot, pak Kewas sebagai pihak intervensi,” ujar Supit.

Senada dikatakan salah satu tim kuasa hukum Pemkot Manado, Hanny Leihitu SH, pihaknya telah memberikan jawaban dalam sidang, dan menolak gugatan Harold Monareh.

“Sebenarnya ini preseden buruk bagi pemerintahan dengan adanya gugatan pak Harold. Dengan beliau mengajarkan ketidakpatuhan pada atasan. Ini kan kebutuhan institusi, itu yang harus beliau sadari sebenarnya,” tandas Leihitu.

Lanjut dikatakan Leihitu, putusan ini tidak akan berpengaruh terhadap proses administrasi yang sedang berjalan. Pemkot tetap yakin bahwa tindakan pemerintah memberhentikan sementara Monareh dari posisi Sekdakot itu adalah benar, karena walikota mempunyai kewenangan untuk itu.

“Kalau majelis hakim memutuskan seperti itu, saya yakin karena sudah melalui berbagai pertimbangan yang sebab ada dasar hukumnya,” kata Leihitu.

Dia menambahkan pemerintah tetap menolak putusan tersebut, sebab tidak ada keputusan mengikat.

“Seperti yang tertulis dalam pasal 115 Undang-undang PTUN hanya yang mempunyai kekuatan hukum tetap yang akan dieksekusi. Dalam artian Monareh tidak akan dikembalikan ke posisinya,” katanya.

Terpisah, kuasa hukum Monareh Robert Parengkuan SH mengatakan bahwa penetapan tersebut artinya harus dikembalikan ke posisinya sebagai Sekdakot.

“Dengan keputusan ini pejabat yang lama ini harus dikembalikan ke posisinya, dan artinya SK itu dipending dulu, karena sudah ada penetapan hakim,” kata Parengkuan.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading