Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Gunung Lokon Kembali ‘Muntahkan’ Debu dengan Tinggi 150 Meter

Staff Manado Today   |   19 Agustus 2011 – 19:17 WITA

Manado Today – Gunung Lokon, di Tomohon, Jumat (19/8/2011) sekitar pukul 09.00 Wita pagi tadi, kembali mengeluarkan debu dengan ketinggian sekitar 150 meter, yang sebelumnya terjadi letusan kecil di kawah Gunung.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu di Kakaskasen, Farid Ruskanda Bina, menjelaskan, sebelumnya juga, memang terekam terjadi letusan, dan satu kali hembusan yang diikuti debu vulkanis.

“Dari pukul 00.00 – 06.00 Wita tadi pagi, sudah terjadi dua kali gempa hembusan,” katanya.

Namun disampaikan Bina, debu tipis yang dimuntahkan gunung Lokon itu, langsung tertiup oleh angin selatan. Diperkirakan, debu tersebut jatuh perkebunan Tinoor, perkebunan Desa Pineleng, Sea dan Warembungan.

“Namun gempa vulkanik dangkal dan vulkanik dalam, masih terekam. Ini mengindikasikan masih ada suplai energi dari magma. Dan secara visual, digambarkan dari kawah gunung keluar asap tipis dengan ketinggian sekitar 25-50 meter mengarah ke utara,” terangnya. (ann/ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading