Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Gunung Lokon Meletus Lagi

Ardi Kalumata   |   27 Desember 2011 – 12:25 WITA

Letusan Gunung Lokon beberapa waktu lalu

Tomohon, MTC – Sekitar pukul 03:14 Wita Selasa (27/12), Gunung Lokon yang terletak di Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara kembali meletus disertai gempa vulkanik lebih dari 200 kali.
Letusan yang terdengar hingga ke pemukiman penduduk tersebut sempat membuat warga yang terbangun saat terjadi dentuman keras di sekitar Gunung Lokon menjadi panik.
Ada yang langsung bersiap-siap untuk mengungsi, namun ada yang terlihat menonton percikan api yang keluar dari Kawah Tompaluan. Sekitar 30 menit kemudian, suasana kembali normal. Gempa sudah tidak terasa lagi. Sementara status Gunung Lokon belum dinaikkan dari Siaga.
Gunung Lokon yang berjarak sekitar 5.300 meter di sebelah barat laut Kota Tomohon atau 6.700 meter di sebelah barat daya dari Kecamatan Pineleng, mulai menunjukkan aktifitas pada 18 Juni 2011 lalu. Kemudian, pada 10 Juli 2011 statusnya dinaikkan dari Siaga menjadi Awas oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi.
Kamis, 14 Juli 2011 pukul 22:45 WITA meletus dengan lontaran material pijar, pasir, dan hujan abu setinggi sekitar 1.500 meter. Letusan kembali terjadi pada Jumat dini hari sekitar pukul 01:30 Wita dengan lontaran material vulkanik setinggi 600 meter.
Letusan ini mengakibatkan sekitar 6.000 warga di beberapa kelurahan seperti Kinilow, Kinilow Satu, Kakaskasen Satu dan Kakaskasen Dua mengungsi. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading