Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa

Guru Sertifikasi Perlu Pengawasan Ekstra

Staff Manado Today   |   4 September 2011 – 22:04 WITA

Minahasa Today – Perhatian pemerintah terhadap nasib oemar bakrie sangat menggembirakan. Namun begitu diharapkan para guru terlebih yang berstatus guru profesional (Sertifikasi) bisa memberikan yang terbaik sebagaimana harapan pemerintah. Hal ini diungkapkan pemerhati masalah pendidikan Meikel Pandeirot.

Menurutnya, status yang disandang para guru sertifikasi harus terus dipantau dan mendapat perhatian ekstra. Pasalnya, kenyataan di lapangan masih banyak guru yang berstatus sertifikasi tidak menjalankan tugas sebagaimana yang diharapkan.

“Pantauan kami di lapangan banyak guru yang waktu jam pelajaran berkeliaran di toko dan swalayan. Padahal, kewajiban mereka berdiri didepan kelas untuk memberikan ilmu kepada para siswa. Kami berharap pihak Diknas Minahasa, pro aktif melakukan pengawasan bila perlu melakukan sidak di lapangan. Agar menjadi jelas benar tidaknya ungkapan kami ini,” jelas Pandeirot.(fer)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

& Komentar »

  • HELLEN SONDAKH mengatakan:

    Terima kasih tuk kritikannya….Salut kpd bpk yg amat sgt peduli dgn keberadaan guru, alangkah baiknya kalau ada temuan guru seperti itu …..jangan segan2 tuk proses anulir sertifikasinya mengikuti prosedur yang ada. Nurut saya ini hanya oknom saja dan tlg langsung ditindaki krn besar praduga kami kemungkinan statemen2 seperti ini adalah statement dr oknum2 yg MILIKI muatan2 lain terhadap kelembagaan pendidikan….bagi kami para guru ttg sertifikasi alangkah baiknya tdk usah dipolemikkan krn tdk ada tunj sertifikasipun bapak didik guru menjadi org sukses. UNTUK ITU SAAT INI APABILA PEMERINTAH MEMBERIKAN APRESIASI KPD GURU MELALUI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN GURU SESUNGGUHNYA ADALAH BAGIAN TERINDAH BAGI ANAK CUCUMU….KAMI MENGAKUI BAHWA GURU MMG PERLU PENGAWASAN TUK MAKIN PROFESIONAL DLM MELAKSANAKAN TUGASNYA TETAPI GURU PERLU MENYAKINKAN DIRI JUGA KPD SEMUA PIHAK BAHWA 95% GURU DI SULAWESI UTARA MEMILIKI KARAKTER YG TERPUJI….BUDAYA MALU MELEKAT ERAT DLM PRIBADI MASING2 GURU, BAHKAN ADA YG SDH TERSERTIFIKASI TAPI KRG MENUNJUKAN KEPROFESIONALNYA MAKA SECARA SADAR AKAN BERUSAHA MENGGUNAKAN TUNJ SERTIFIKASI TERSEBUT UNTUK PENINGKATAN MUTU (STUDY LANJUT S2)…tenang saja dan yakinlah bahwa SOSOK GURU SULAWESI UTARA ADALAH GURU YG BERTANGGUNGJAWAB KEPADA TUGASNYA MENGUTAMAKAN TUGAS DIATAS SEGALANYA BAHKAN AMAT SGT BERTANGGUNGJAWAB KPD TUHAN….MINAHASA ADALAH BAGIAN DARI GURU2 DI SULAWESI UTARA…MEWAKILI GURU SULAWESI UTARA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH ATAS STATEMENT TERSEBUT…MARI TEMAN2 YAKINKAN DAN BUKTIKAN KPD BPK2 INI BAHWA KITA TDK SPT ITU….GURU2 SKRG ADALAH GURU2 DGN PARADIGMA BARU….PROFESIONAL BERKARAKTER DAN PENGABDIAN DI ATAS SEGALA-GALANYA…..

  • Recky Tombokan mengatakan:

    Saya sependapat dengan bu Sondakh bahwa temuan tersebut di atas janganlah menjadi dasar generalisasi penilaian negatif terhadap semua guru. Saya yakin masih banyak guru yang tulus mengabdikan diri untuk kemajuan dunia pendidikan.

    Selama ini apa yang diperoleh seorang guru yang sungguh-sungguh barulah sebatas gaji yang masih jauh dari nominal ideal untuk jasanya–gaji yang tak bisa membayar kepuasan batin sebagai pendidik dan pengajar, juga belum bisa menunjang totalitasnya dalam menjalankan tugas. Dan dari masyarakat, guru mendapatkan apresiasi dalam bentuk social respect–guru dihormati dan disegani.

    Menurut saya sudah sepantasnya guru mendapatkan material award untuk menunjang kesejahteraan hidupnya sehingga guru dapat berkonsentrasi penuh pada tugas profesinya–tidak perlu lagi mencari pekerjaan sampingan. Guru (hanya untuk mereka yang terpanggil mengabdi) yang benar-yang terjamin kehidupan materinya akan termotivasi untuk memberikan yang terbaik.

    Selain itu guru perlu diberikan kesempatan dan fasilitas untuk mengembangkan kualitas dan profesionalitas diri untuk mendapatkan kompetensi dan sertifikasi yang dibutuhkan. Semoga hal ini tidak hanya menjadi perhatian tapi perlu juga direalisasi oleh pemerintah maupun siapa saja yang peduli dengan para pengabdi dunia pendidikan ini.

    “Let us think of education as the means of developing our greatest abilities, because in each of us there is a private hope and dream which, fulfilled, can be translated into benefit for everyone and greater strength of the nation.” — John F. Kennedy

    God Bless the (real) teachers.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading