Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Hakim Vonis Tiga Tahun Untuk Mantan Bupati Bone Bolango

Staff Manado Today   |   30 September 2011 – 11:31 WITA

Gorontalo Today – Mantan Bupati Kabupaten Bone Bolango yakni Ismet Mile, dijatuhi hukuman tiga tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Kota Gorontalo, karena terbukti bersalah dalam kasus korupsi APBD 2008 yang berbanderol senilai Rp 19,5 miliar.

Ismet Mile divonis bersalah dan menyebabkan kerugian negara sebesar Rp 5,1 miliar dalam sidang yang dipimpin ketua majelis hakim Ahmad Semma, di Pengadilan Negeri Kota Gorontalo, Kamis.

Hakim menyatakan dakwaan primer jaksa tidak terbukti. Terdakwa divonis dengan dakwaan subsider, yaitu pasal 3 juncto pasal 18 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP).

Selain divonis pidana penjara tiga tahun enam bulan, terdakwa diwajibkan membayar denda Rp 100 juta atau subsider kurungan penjara tiga bulan dan uang perkara Rp5 ribu.

Atas putusan hakim tersebut, terdakwa ,jaksa penuntut umum dan kuasa hukum terdakwa menyatakan pikir-pikir,terdakwa juga tidak ingin memberikan komentar terhadap wartawan terkait pernyataannya tersebut.

Sebelumnya kasus tersebut berawal dari rusaknya sejumlah jembatan dan tanggul sungai di Kabupaten Bone Bolango akibat terjangan banjir pada Desember 2007.

Ismet Mile, yang saat itu menjabat sebagai Bupati kemudian menyetujui proyek pengendalian banjir yang didanai APBD sebanyak Rp 19,5 miliar.

Sementara pelaksanaan tender atas proyek tersebut tidak dilakukan sesuai prosedur. Namun, Ismet saat itu langsung menunjuk pelaksana proyek, termasuk seorang anaknya untuk terlibat.

Padahal, proyek senilai Rp 19,5 miliar itu harus dilakukan tender dan tidak boleh lewat penunjukan langsung.

Ada 10 paket pengerjaan dalam proyek pengendalian banjir di Kabupaten Bone Bolango. Dari 10 paket tersebut, enam di antaranya dikerjakan tanpa sesuai prosedur.

Kasus ini menyeret 13 tersangka yang terdiri dari pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dan pihak kontraktor. (ant/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading