Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Hama Serang Ratusan Hektar Padi di Tatengesan Raya

Staff Manado Today   |   9 Desember 2011 – 19:51 WITA

Pusomaen, MTC – Petani yang ada di Kecamatan Pusomaen tepatnya di daerah Tatengesan Raya dilanda persoalan. Pasalnya, padi yang mereka tanam di ratusan hektar areal sawah, diserang hama penyakit. Padahal, usaha melakukan penanaman ini mereka lakukan setelah areal sawah tersebut sudah tak ditanami lagi selama sekitar tiga tahun.
“Para petani di Tatengesan Raya berinisiatif untuk memanfaatkan lahan sawah tidur yang sudah terbiar selama lebih kurang tiga tahun yakni di wilayah yang disebut Sompini hingga di Makalu. Namun, giliran sudah ditanami, padi mereka diserang hama penyakit,” ujar Alex Jangin, mewakili para petani di Tetengesan Raya.
Kondisi tanaman padi yang ada saat ini, kata Jangin, kini batangnya menguning dan daunnya banyak yang berlubang.
“Kami berharap supaya ada kepedulian dari Pemkab Mitra untuk melakukan penanganan terhadap apa yang dihadapi oleh petani di Tatengesan Raya ini,” tukasnya.
Menurut Jangin ada puluhan keluarga yang sangat berharap dari ratusan areal sawah ini, sehingga ketika areal sawah ini rusak terserang hama, maka petani ini juga akan mengalami kerugian dan kehilangan sumber penghidupan.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Mitra Ir Adrianus Tinungki, MEng yang dikonfirmasi mengungkapkan, pihaknya akan segera menurunkan petugas mengecek kondisi sawah yang dikabarkan diserang hama tersebut.
“Memang belum ada laporan yang masuk ke kita, tetapi tetap kita akan turunkan tim mengecek langsung ke lokasi,” katanya. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading