Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Hanson Ingatkan Warga Waspadai Bencana

Redaksi Manado Today   |   28 Maret 2011 – 23:00 WITA

Bitung Today – Wali Kota Bitung Hanny Sondakh minta nelayan maupun warga yang tinggal di pemukiman dekat dataran tinggi yang rawan longsor untuk waspada.

“Mengingat intensitas curah hujan tinggi disertai angin kencang, tidak menutup kemungkinan dapat mengancam keselamatan para nelayan juga warga pemukiman, sehingga diminta lebih waspada,” ujar Sondakh di Bitung, Senin.

Dia mengatakan akhir-akhir ini hujan dan angin begitu tinggi sehingga kewaspadaan perlu ditingkatkan bagi semua warga Bitung.

“Waspada itu penting daripada tidak sama sekali yang akhirnya berdampak buruk sehingga lebih baik berjaga-jaga,” ujar Sondakh.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Maritim Bitung memperkirakan cuaca Kota Bitung berawan maupun hujan, kecepatan angin berkisar lima hingga 25 knot per jam.

“Angin bertiup dari barat daya menuju utara dengan kecepatan 5 sampai 25 knot per jam, dengan cuaca berawan disertai hujan,” ujar Kepala BMKG Maritim Bitung Budi Nugroho.

Dia mengatakan untuk kecepatan angin tersebut diperkirakan mempengaruhi tinggi gelombang laut hingga mencapai dua sampai lima meter.

Dari aspek topografis, sebagian besar daratan Kota Bitung berombak dan berbukit sebanyak 45,06 persen, bergunung 32,73 persen, daratan landai 4,18 persen dan berombak 18,03 persen.

Di bagian timur mulai dari pesisir Pantai Aertembaga sampai dengan Tanjung Merah di bagian barat, merupakan daratan yang relatif cukup datar sehingga secara fisik dapat dikembangkan sebagai wilayah perkotaan, industri, perdagangan dan jasa.

Di bagian utara keadaan topografi semakin bergelombang dan berbukit-bukit yang merupakan kawasan pertanian, perkebunan, hutan lindung, taman margasatwa dan cagar alam.

Di bagian selatan terdapat Pulau Lembeh yang keadaan tanahnya pada umumnya kasar ditutupi oleh tanaman kelapa, hortikultura dan palawija.

Disamping itu memiliki pesisir pantai yang indah sebagai potensi yang dapat dikembangkan menjadi daerah wisata bahari. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading