Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Harga Cengkih di Minahasa Selatan Mulai Turun

David Masengi   |   21 Juni 2012 – 16:27 WITA

Petani Minta Pemerintah Lakukan Proteksi

MOTOLING, (manadotoday.com)- Panen cengkih di wilayah Minahasa Selatan (Minsel) sudah sementara berlangsung. Namun sayangnya harga jual Cengkih di tingkat Petani terus mengalami penurunan.

”Jika dibandingkan dengan sebelum panen, harga cengkih masih bertengger di kisaran Rp 100 ribu per kilo gram (Kg). Namun saat ini harga beli pedagang pengumpul turun hingga di kisaran harga Rp 80.000 per Kg,” ujar Victor Tombuku petani asal Motoling.

Akibatnya kata Tombuku, mulai turunnya harga cengkih saat ini membuat petani lebih cenderung menjual cengkih dalam kondisi mentah bukan menunggu hingga kering. Apalagi saat ini hasil panen hanya sedikit.

”Kami minta pemerintah melakukan proteksi agar cengkih tidak akan turun seperti halnya beberapa tahun lalu, sehingga petani tidak merugi,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, UMKM, dan Pasar Minsel Drs Wempie Mononimbar saat di konfirmasi mengatakan, pergerakan harga cengkih yang ada di Minsel kebanyakan diatur oleh para pedagang.

“Harga di sini kebanyakan dimainkan pengusaha pengumpul, selanjutnya lain lagi mereka jual ke pedagang besar,” ungkapnya.

Selain itu Mononimbar juga mengakui kalau saat ini para petani lebih memilih menjual hasil produksinya kepada para pedagang ketimbang harus memetik cengkih. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading