Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan, Headline

Harga Cengkih Diprediksi akan Tembus 65 Ribu/Kg

Redaksi Manado Today   |   6 Juli 2010 – 06:11 WITA

Manado Today – Kabar baik bagi para petani cengkih yang ada di Sulawesi Utara. Menurut Gubernur SH Sarundajang harga Cengkih komoditas andalan warga Sulawesi Utara, Cengkih, akan tembus pada kisaran 65 ribu /kg.Menurut Gubernur Sulut yang kembali mencalonkan diri sebagai calon Gubernur ini, besar kemungkinan harga emas coklat ini akan terdongkrak naik menembus level 65 ribu /kg.

Hal ini dilihat dari besarnya permintaan pabrikan  yakni 300 ribu ton/tahun yang tidak sesuai dengan hasil produksi cengkih Sulut yang hanya menghasilkan 100 ribu ton pertahun.

Dengan demikian maka hukum ekonomi akan berlaku karena  permintaan tidak sesuai dengan persediaan pelak saja ini akan mendongkrak harga jual cengkih dari harga sekarang 50 ribu/kg ke level yang lebih tinggi.
SHS menghimbau para petani tidak terburu-buru dalam menjual hasil panennya (Cengkih,red), semata-mata hanya karena merayakan pengucapan syukur.
”Dengan menahan hasil cengkih, para petani akan diuntungkan dengan harga jual yang tinggi,sehingga kesejahteraan petani cengkih semakin terjamin,”katanya.(lou)
Sent from BlackBerry® on 3

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading