Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Harga Cengkih Lewat PLKA Sulut Rp 61.000.-

Redaksi Manado Today   |   10 Maret 2011 – 02:48 WITA

panen Cengkih

Cengkih Salah Satu Komoditas Andalan di Sulut

Manado Today – Pasar Lelang Komoditi Agro (PLKA) Sulawesi Utara (Sulut) periode kedua tahun 2011 memperdagangkan harga cengkih sebesar Rp61.000 per kilogram (Kg) atau 5,2 persen lebih tinggi ketimbang harga pasaran pedagang pengumpul Rp58 ribu per Kg.

“Sayangnya permintaan pedagang tersebut tidak bisa dipenuhi, karena tidak ada petani cengkih yang hadir dalam acara tersebut, namun keberanian pembeli menawar di atas harga pasaran menumbuhkan keyakinan bahwa harga cengkih berpotensi naik,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Janny Rembet seusai PLKA berlangsung, di Manado, Rabu tadi.

Janny mengakui, para petani meyakini puncak harga cengkih belum saat ini, makanya banyak yang tidak datang memanfaatkan ajang PLKA guna memasarka hasil produksi mereka. Sebagian petani percaya masih akan terjadi kenaikan harga cengkih lebih tinggi di waktu-waktu akan datang, makanya petani tahan stok.

Petani, kata Janny masih menunggu perkembangan harga cengkih naik lebih tinggi dari harga saat sekarang, mereka optimistis hal tersebut terjadi karena tahun ini diperkirakan tidak ada panen cengkih.

“Panen raya cengkih sudah terjadi tahun 2010 lalu dengan produksi cengkih sekitar 15.000 ton, dengan demikian tahun ini bisa dipastikan tidak ada panen raya, dan ini menguntungkan dari sisi harga menjadi lebih tinggi,” kata Janny.

Hasil panen petani, kata Janny memang sebagian besar sudah dilepas ke pasar ketika harga cengkih berkisar Rp50 ribu hingga Rp55.000 per kilogram , namun demikian masih ada petani menyimpan stok menunggu momen tetap terutama harga tinggi. Pelaksanaan PLKA diharapkan, kata Janny diharapkan mampu mendorong harga cengkih terus terkoreksi naik ke tingkat lebih tinggi selama PLKA berlangsung. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading