Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Harga Cengkih Sentuh Rp 72 Ribu Per Kilogram

Staff Manado Today   |   13 April 2011 – 23:09 WITA

Manado Today – Harga cengkih kembali menguat menjadi Rp72.500 per kilogram, naik Rp2.500 per Kg dibandingkan akhir pekan lalu Rp70.000.“Patokan harga tersebut berlaku untuk pembelian partai besar atau di atas 10 ton sekali jual dan kenaikan harga ini menyusul permintaan pabrik rokok yang tetap tinggi, sementara stok petani makin menipis,” kata Gustav Karinda, pedagang pembeli di Manado, Rabu.

Gustav mengatakan, stok cengkih ditangan petani sudah semakin menipis, sementara kebutuhan pabrik rokok tetap tinggi karena ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran maka mendorong harga terus naik.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Disperindag Sulut, Janny Rembet, mengatakan, stok komoditas perkebunan unggulan masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) yang tersisa pada petani sudah sangat tipis karena sebagian sudah melepas pada bulan Desember 2010 guna memenuhi kebutuhan hari raya keagamaan Natal dan Tahun Baru.

“Dengan kondisi stok yang tidak sebanding dengan kebutuhan, maka peluang komoditas cengkih untuk terus mengalami kenaikan harga di waktu-waktu yang akan datang,” kata Janny.

Kenaikan harga cengkih terus terjadi dalam beberapa pekan terakhir ini disambut positif petani cengkih yang masih menyimpan stok komoditas emas coklat tersebut.

“Meskipun tinggal sedikit petani punya stok cengkih, tetapi kenaikan harga memberi dampak positif terhadap perekonomian masyarakat petani secara keseluruhan,” kata Silvester Kaunang, petani Minahasa.

Petani masih menyimpan stok cengkih kebanyakan punya pendapatan lain dan saat stok yang ada dijual biasanya akan diikuti pengolahan tanah secara lebih luas. Ini akan menyerap tenaga kerja khususnya di pedesaan.

Sulut merupakan salah satu daerah penghasil cengkih paling potensial di Indonesia. Saat panen raya berlangsung tahun 2010, petani berhasil memanen cengkih sekitar 15 ribu ton. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading