Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Harga Daging Ayam dan Telur di Manado Bergerak Naik

Staff Manado Today   |   21 Juli 2011 – 10:43 WITA

Jelang Ramadhan

Manado Today – Harga daging dan telur ayam di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) naik hingga 13 persen menjelang bulan suci Ramadhan, terpengaruh harga di daerah lain yang juga terkontraksi positif.

“Daging ayam pedaging (broiler) naik 13 persen menjadi Rp24 ribu per kilogram (Kg) dari sebelumnya hanya Rp22,5 ribu telur ayam dari Rp1.150 menjadi Rp1.300 per butir, naik enam persen,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Disperindag Sulut, Janny Rembet di Manado.

Janny mengatakan, harga telur di sejumlah daerah yang sebelumnya menjadi pemasok bagi Sulut mulai bergerak naik, hal ini secara langsung berdampak pada patokan harga pedagang eceran di Manado.

“Harga telur di Jawa Timur terus meningkat, demikian juga daging ayam dari Makassar, Sulawesi Selatan, ini secara langsung berdampak pada harga penjualan eceran di Manado,” kata Janny.

Sekitar 30 persen dari kebutuhan daging ayam dan telur masyarakat Sulut dipasok dari luar daerah seperti Jawa Timur dan Sulawesi Selatan karena itu, ketika terjadi gejolak harga di daerah asal tersebut, maka secara otomatis mendorong pergerakan harga di Manado.

Daging ayam dan telur ayam, merupakan dua komoditas yang diperkirakan akan mengalami kenaikan tajam pada selama bulan suci Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.

Kedua komoditas tersebut diperkirakan akan mengalami peningkatan permintaan hingga 200 persen menjelang hari besar keagamaan tersebut, karena itu pemerintah daerah melakukan langkah antisipatif dengan mendatangkan dari berbagai daerah di Indonesia.

Kebutuhan daging ayam diperkirakan akan meningkat 200 persen menjadi 1200 ton dibanding kebutuhan normal hanya berkisar 400 ton, demikian juga telur ayam diperkirakan mencapai 15 juta butir dibanding hari kondisi biasa 5 juta butir.

Kendati permintaan meningkat, tetapi Janny menjamin ketersediaan pasokan di masyarakat akan tetap terjaga.

“Pasokan daging ayam dan telur ayam, tidak menjadi masalah dan distributor bahan kebutuhan pokok tersebut sudah memberi jaminan pasokan akan cukup selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Janny.

Kondisi stok daging ayam di Provinsi Sulut saat ini mencapai 750 ton sementara telur ayam 5,1 juta butir, jumlah tersebut mampu memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir bulan ini. (ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading