Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Bitung, Headline

Harga Kopra di Bitung Sentuh Rp 6800 per Kilogram

Redaksi Manado Today   |   18 Maret 2011 – 10:21 WITA

Bitung Today – Jika sebelumnya harga kopra komoditas andalan Sulawesi Utara,  beberapa pekan lalu sempat menyentuh 11 ribu rupiah per kilogram, saat ini terjadi penurunan harga beli kopra ditingkat pengumpul dalam dua yang sangat signifikan dan mencapai 6800 per kilogram.

Proses Pengolahan Kelapa menjadi Kopra oleh Petani (foto : banyumasnews)

Proses Pengolahan Kelapa menjadi Kopra oleh Petani (foto : banyumasnews)

Yesinta Elrasu pengumpul kopra di Kelurahan Girian Atas, Lingkungan III mengungkapkan turunnya harga kopra saat ini, penyebabnya belum diketahuinya dengan jelas. Namun menurutnya biasanya terjadi karena karena permintaan ekspor yang kurang.
“ Harga kopra yang dibeli pabrikan pabrik saat ini 7100 per Kg, dan harga beli ke petani 6800 per kg, ” ujarnya.
Selanjutnya Ia menuturkan turunnya harga kopra, saat ini berpengaruh pada penjualannya ke pabrikan karena kurangnya stok dari petani (penjual, red).

“ Biasanya sewaktu harga kopra mahal sehari bisa 5 ton. Sekarang paling hanya 3 ton, ” terangnya menambahkan untuk menghindari kerugian maka Ia harus selalu mengecek harga ke pabrik.
Sementara Iwan, bagian pembelian kopra PT Muliti Nabati Sulawesi (MNS),
mengatakan mengatakan saat ini harga beli kopra dari pengumpul atau petani Rp 7200 per Kg, dan sejak dua pekan lalu telah mengalami penurunan sekitar dua minggu lalu.
“ Turunnya harga kopra ini, kemungkinan disebabkan turunnya harga nilai tukar dolar dan resesi dunia, karena kopra disebabkan dieksport ke luar negeri seperti Eropa, “ tuntasnya. (lou)

Dikirim melalui Facebook Seluler
Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading