Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Harga Kopra Sentuh Rp 6800, Petani Menjerit

Staff Manado Today   |   24 Juni 2011 – 21:02 WITA

Manado Today – Petani Kopra Sulawesi Utara mulai merasa terpukul karena harga komoditi andalan ini melorot dikisaran Rp6.800 per kilogram, atau turun hampir 10 persen dibanding harga awal bulan yang masih di kisaran Rp8 ribu.

Keluhan ini seperti yang diutarakan Sekjen Asosiasi Petani Kelapa Sulut (Apeksu), Emil Mamesah. “Pergerakan harga kopra yang turun sangat drastis ini, sungguh menyulitkan bagi petani kelapa ditengah semakin mahalnya bahan kebutuhan pokok masyarakat saat ini,” Mamesah, Jumat (24/6/2011).

Lebih lanjut kata Mamesah, proses pengolahan biji kelapa menjadi kopra, butuh biaya yang sangat tinggi, karena sekitar separuh dari total pendapatan yang seharusnya diterima petani kelapa jatuh menjadi biaya. “Biaya produksi kelapa khususnya untuk pengolah kopra di Sulut saat ini rata-rata berkisar yakni 50 persen,” kata Emil.

Mamesah menguraikan, dengan harga Rp680 ribu per kuintal (100 kg) maka yang diterima petani hanya Rp340 ribu per kuintal. ”Harga ini belum terhitung biaya penggarapan lahan kebun kelapa yang jumlahnya cukup tinggi saat ini,” ujarnya.

Menurutnya, tingginya biaya produksi petani kelapa sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu dan sulit dirubah lagi kendati harga kopra mahal ataupun dinilai murah.

Hal yang sama juga dikeluhkan Johanes K, salah satu petani kelapa di Minahasa. Menurutnya, penurunan harga kopra yang demikian tinggi membuat petani semakin bingung. “Coba saja harga kopra bisa naik seperti harga cengkih dan pala, kita tidak akan susah seperti ini,” ujar Johanes. (ant/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading