Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Harga Kopra Turun Dratis, Petani Mitra Menjerit

David Masengi   |   22 Mei 2012 – 09:53 WITA

RATAHAN, (manadotoday.com) –Sejumlah Petani Kopra Minahasa Tenggara (Mitra) mengeluhkan harga Komiditas andalan Provinsi Sulut Kopra yang terus mengalami penurunan. Pasalanya saat ini harga Kopra sudah di tingkat pembeli sudah berada pada level Rp 3 ribuan per Kilogram (Kg) yang dinilai sudah tidak sepadan lagi dengan kebutuhan hidup setiap hari, Padahal beberapa minggu lalu masih berada di kisaran Rp 7 Ribu per kg.

”Inikan sudah tidak masuk akal lagi, masakan harganya yang biasa di level Rp 7 ribu, saat ini harga kopra turun jauh hingga ke level Rp 3 ribu per kilogram,” keluh Arya Somba petani kopra asal Kecamatan Toluaan, saat menghubungi manadotoday.

Menurut dia turunnya harga kopra membuat mereka sebagai petani kopra kewalahan. Apalagi biaya perawatan kebun kelapa dan anggaran panen kelapa hingga proses pembuatan kopra tidak sesuai lagi dengan harga jual kopra saat ini.

“Harga jual dan ongkos panen tidak sesuai lagi, dan kami selaku petani kopra tentunya merasa rugi,” ujarnya.

Somba juga menilai anjloknya harga Kopra ditenggarai lantaran ada permainan di tingkat pembeli atau perusahaan. Apalagi pembelian hanya dilakukan oleh beberapa perusahaan yang memonopoli pembelian kopra.

“Kami minta pemerintah memperjuangkan nasib kami, dan melakukan pengawasan terhadap pembelian Kopra jangan sampai terjadi permainan harga kopra dari pihak Pembeli atau pihak perusahaan,” ucapnya sembari berharap pemerintah Kabupaten dan Pemprov Sulut serta wakil rakyat segera menindaklanjuti keluhan para petani Kopra. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading