Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Harga Kopra Turun, Petani Kelapa di Minahasa Tenggara Menjerit

David Masengi   |   4 Februari 2012 – 16:02 WITA

Ratahan, (manadotoday.com) – Para petani kelapa yang ada di Minahasa Tenggara (Mitra) mengeluhkan harga kopra yang terus mengalami penurunan. Pasalnya, harga sebelumnya berada di kisaran Rp 7 ribu per kilogram untuk pembelian ditingkat petani, namun belakangan, hanya Rp 5 ribu hingga Rp 6.500 per kilogram.
Sammy Umboh, salah satu petani kelapa meminta agar pemerintah juga memperhatikan nasib petani kelapa di wilayah Mitra. Menurutnya, dengan harga saat ini, petani kelapa masih sangat dirugikan. Mengingat proses untuk pengolahan kelapa mentah menjadi kopra membutuhkan tenaga dan biaya yang cukup tinggi.
“Ongkos untuk menurunkan kelapa hingga proses pembuatan kopra memakan biaya yang cukup tinggi, ujung-ujungnya petani yang dirugikan,” keluh Umboh kepada manadotoday Sabtu (4/2/2012).
Ditambahkannya, meski harga beli kopra mengikuti perekonomian dunia, namun Pemerintah juga diminta tidak tinggal diam.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading