Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Harga MT Nonsubsidi Turun, Solar dan Premium Tetap

Aldi Mawitjere   |   17 Desember 2011 – 12:16 WITA

Manado, MTC – Harga minyak tanah non subsidi yang ditetapkan PT Pertamina untuk Kota Manado dan sekitarnya turun Rp100 atau 1,17 persen, sehingga menjadi Rp9.431 per liter.
Sales Area Manager (SAM) PT Pertamina Manado, Irwansyah mengatakan, penurunan harga minyak tanah keekonomian tersebut mengikuti perkembangan harga MOPS Singapura yang cenderung melemah untuk jenis bahan bakar minyak tersebut.
Dikatakan, harga sebesar Rp9.431 tersebut terdiri harga pokok ditambah pajak pertambahan nilai (PPN) 10 persen, pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) serta pajak penghasilan (PPh) 22 yang dihitung 0,3 persen kali harga dasar.
Harga tersebut, kata Irwansyah, merupakan harga penebusan di depot Pertamina, belum termasuk ongkos angkut atau transportasi dari depot ke konsumen.
“Penurunan harga minyak tanah industri tersebut akan berdampak turunnya harga eceran minyak tanah non subsidi yang baru diluncurkan beberapa waktu lalu, dan ini diharapkan akan mendorong peningkatan omzet jenis BBM berwarna ungu ini,” tukasnya.
Selain minyak tanah, katanya, bahan bakar jenis solar juga mengalami penurunan sebesar Rp125 per liter atau 1,45 persen, dengan penurunan tersebut maka solar industri umum di Manado menjadi Rp9.615 per liter.
“Sedangkan solar untuk sektor kehutanan dan pertambangan Rp9.930 per liter, dan solar kontraktor jalan dan transportasi Rp9.973 per liter, perhitungan penetapan harga tersebut sama dengan penerapan pada minyak tanah,” tukasnya.
Sementara itu, untuk jenis bahan bakar jenis premium atau bensin, harganya relatif stabil tidak mengalami kenaikan, untuk premium industri Rp8.003 per liter, premium untuk kehutanan dan pertambangan Rp8.266 per liter dan solar peruntukkan kontraktor jalan dan transportasi Rp8.302 per liter.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading