Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Harga Pertamax di Manado Naik Rp 200

Staff Manado Today   |   2 Agustus 2011 – 12:37 WITA

Manado Today – Harga bahan bakar minyak jenis pertamax di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) mengalami kenaikan Rp200 per liter atau naik 2,11 persen menjadi Rp9.650 dari sebelumnya Rp9.450 per liter, menyesuaikan dengan peningkatan harga minyak mentah di pasar internasional.

“Pertamina harus menyesuaikan dengan pergerakan harga minyak mentah di pasar internasional, karena itu mulai hari ini (Senin, 1/8) menaikkan harga premium non subsidi tersebut berkisar Rp200 per liter,” kata Sales Area Manager BBM Retail Pertamina Manado, Irwansyah di Manado, Senin.

Irwansyah mengatakan, kenaikan harga pertamax tersebut memang sudah diperhitungkan sebelumnya terutama setelah minyak mentah di pasar internasional (MOPS) terus naik mendekati 100 dolar AS per barrel.

“Tidak ada pilihan lain bagi Pertamina selain menaikkan harga premium tersebut, guna menghindari kerugian yang bakal timbul,” kata Irwansyah.

Dengan adanya kenaikan harga rata-rata sebesar Rp200 per liter, maka secara lengkap harga pertamax berlaku di Sulut sebagai berikut, kawasan Kota Manado, Bitung dan Minahasa Utara Rp9.650 per liter, Kabupaten Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara dan Tomohon Rp9.700 per liter, Kotamobagu, Bolaang Mongondow Rp9.750 per liter, Bolaang Mongondow Selatan dan Bolaang Mongondow Timur Rp9.800 per liter.

Sementara dua kawasan yakni Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo untuk pertama kali menembus harga Rp10.050 per liter.

Kendati mengalami kenaikan harga cukup signifikan, tetapi Irwansyah menjamin tingkat konsumsi masyarakat terhadap bahan bakar minyak non subsidi tersebut tetap tinggi.

“Semakin banyak masyarakat Sulut merasakan manfaat langsung menggunakan pertamax, karena itu percaya pembelian tetap tinggi,” kata Irwansyah.

Penjualan pertamax di Sulut terus meningkat, beberapa bulan terakhir ini rata-rata terjual di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) sudah mencapai 350 hingga 400 kiloliter (Kl) per hari, padahal tahun sebelumnya baru berkisar 250 hingga 300 Kl per hari.

Pertamina akan terus mendorong penggunaan pertamax oleh masyarakat Manado terus meningkat, dengan memperbanyak titik penjual premium beroktan tinggi ini.

“Tahun ini baru 32 SPBU jual pertamax, tapi target kita ke depan semua SPBU bisa menjual pertamax,” kata Irwansyah.(ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading