Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Hari Ini Batas Toleransi Pembersihan Atribut Kampanye

Redaksi Manado Today   |   27 Oktober 2010 – 15:48 WITA

Bitung Today – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bitung,menegaskan bahwa hari ini adalah batas terakhir pembersihan atribut kampanye masing-masing pasangan calon,yang akan berkompetisi pada pilwako Bitung 9 Desember mendatang,demikian menurut juru bicara KPU Bitung Frans Tular.
Dikatakannya sesuai kesepakatan antara KPU dan Panwas yang dihadiri oleh Pemkot serta Polres Bitung bersama dengan tim kampanye masing-masing pasangan calon yang digelar Selasa (26/10/10) kemarin di KPU Bitung, dalam rangka membicarakan pelaksanaan tehnis dan jadwal kampanye bahwa, hari ini adalah batas toleransi yang diberikan KPU dan Panwas untuk membersihkan berbagai atribut kampanye.
” KPU,setelah menetapkan keempat pasangan calon walikota dan wawali pada jumat (23/10/10) pekan lalu, telah memberikan batas toleransi kepada masing-masing pasangan calon untuk membersihkan alat peraga seperti baliho,stiker yang ditempelkan di kendaraan,dan alat peraga yang berbau ajakan memilih lainnya,dan yang berkompeten untuk menertibkannya adalah Panwas Bitung,dan sebagai eksekutor adalah Kesbangpol pemkot Bitung,” ujarnya. 
Dikatakannya,hal ini dilkukan untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan pemilukada,agar pilwako Bitung menghasilkan pemilukada yang bersih dan elegan.
”Alat peraga pasangan calon nantinya akan di pasang setelah masa kampanye akan di mulai yakni (22/11/10) masa kampanye akan di mulai,” kata Tular sembari menghimbau masing-masing pasangan calon untuk menertibkan alat peraga masing-masing sebelum masa toleransi yang diberikan KPU dan Panwas habis.
Namun demikian Tular menjelaskan bahwa setiap pasangan calon diperbolehkan untuk memasang baliho akan tetapi dalam baliho tersebut tidak ada ajakan untuk memilih.
” Pasangan calon bisa saj memasang baliho namun dalam baliho tersebut tidak ada kata atau kalimat yang berbau kampanye atau ajakan untuk memilih,” terangnya.
Terpisah Ketua Panwas Bitung Agustivo Tumundo SH MSi mengatakan jika alat peraga masing-masing pasangan calon tidak akan ditertibkan hingga batas waktu yang ditentukan maka hal tersebut akan dijadikan temuan oleh Panwas sebagai bahan kajian apakah hal tersebut sebagai produk pelanggaran pemilukada.
” Akan kami jadikan hal ini sebagai bahan kajian apakah dapat dikategorikan sebagai pelanggaran jika pasangan calon tidak mengindahkan himbauan KPU dan Panwas sebagai penyelenggara pemilu,karena jika setiap pasangan calon mengikuti mekanisme sesuai perturan perundang-undangan,pemilu akan berjalan jujur,adil dan bersih sehingga tidak akan terjadi PSU dalam pilwako Bitung,” kuncinya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading