Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Hukum dan Kriminal

Hari ini, Putusan Praperadilan Poltabes

Redaksi Manado Today   |   19 Agustus 2010 – 02:23 WITA
Manado Today – Gugatan ke-13 tahanan terhadap Poltabes Manado akan diputuskan Kamis (19/8) siang nanti oleh hakim Willem Rompis SH. Diketahui, ke-13 orang tahanan yang diwakili kuasa hukumnya Rulman Rongkonusa SH ini menggugat pihak Poltabes Manado yang dianggap tidak sah dalam melakukan penahanan serta melakukan tindakan penganiayaan terhadap para kliennya tersebut.
Inti gugatan ini adalah penetapan pasal dianggap fiktif karena dicantumkan pasal 17 ayat (1) huruf (d) yang kenyataannya tidak terdapat dalam KUHAP.
Namun pihak Poltabes Manado yang diwakili Ajun Komisaris Polisi Rony Loing SH, serta AKP Norman Sitindaon SIK menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan kesalahan penulisan, karena semestinya pasal 7 ayat (1) huruf (d) KUHAP yang dicantumkan.
Selain itu, Loing juga menegaskan bahwa penahanan yang dilakukan pihaknya sudah sesuai hukum, karena para terdakwa melakukan tindak pidana yang diancam hukuman penjara 5 tahun atau lebih, serta ditakutkan akan melarikan diri dan mengulangi perbuatnya.
Diketahui, ke-13 orang ini ditahan terkait aksi demo anarkis di depan gedung kejaksaan tinggi (Kejati) sulut 20 juli 2010 silam yang mengakibatkan dua anggota polisi mengalami cedera di bagian wajah akibat lemparan batu. (rafly)
Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading