Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Hasil Tangkapan Ikan Nelayan Manado Memuaskan

Aldi Mawitjere   |   27 Oktober 2011 – 11:15 WITA

Tiap Bulan, Produksi Ikan Capai 9.600 Ton

Manadotoday,com, Manado – Berdasarkan data Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Manado tiap bulannya, para nelayan mampu memproduksi ikan mencapai 9.600 ton. Dengan demikian hasil produksi perikanan tangkap oleh nelayan Manado sejauh ini terbilang cukup memuaskan, jika dibandingkan dengan jumlah nelayan saat ini tercatat kurang lebih 6.912 orang.

Kadis Kelautan dan Perikanan Kota Manado, Drs Spener Tahulending kepada wartawan menjelaskan, hasil tangkapan ikan para nelayan sejak tahun 2010 hingga memasuki penghujung tahun ini, memperlihatkan grafik peningkatan. Hanya saja, menurutnya hasil panen para nelayan terkadang harus menyesuaikan dengan kondisi cuaca.

“Kalau seperti saat ini cuacanya tidak bersahabat, berimbas pula pada hasil tangkap ikan para nelayan. Tapi dari data yang ada, grafiknya menunjukkan adanya peningkatan,” jelas Tahulending kepada wartawan.

Di satu sisi, mantan Camat Malalayang ini menjelaskan, untuk jumlah produksi ikan olahan mencapai 215 ton dan pemasarannya dilakukan oleh kurang lebih 352 orang.

“Kami terus melakukan pengawasan serta memantau aktivitas para nelayan termasuk para peda-gang ikan. Pada intinya DKP Manado berharap agar hasil produksi ikan oleh nelayan, dapat dikelola dengan baik, sehingga selain produksi yang terus naik, kualitas ikan hasil tangkapan para nelayan juga dapat terjaga kualitasnya,” tukasnya.(ald)

Jumlah Nelayan 6.912 orang
Produksi Perikanan Tangkap 9.600 ton
Pangkalan Pendaratan Ikan/PPI 1 unit
Tempat Pelelangan Ikan/TPI 2 unit
Kapal/Perahu Mendarat di PPI 58 unit
Jumlah Pengawas 9 kelompok
Jumlah Pos Pengawas -
Jumlah Unit Pengolahan Ikan 4 unit
Jumlah Produksi Ikan Olahan 215 ton
Jumlah Pemasaran Ikan 352 orang
Jumlah Pengolah 75 orang
Jumlah Pabrik Es 2 unit
Jumlah Pasar Ikan/Depo 7 unit
*sumber: dinas kelautan dan perikanan kota manado

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading