Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Opini Today

Hati Nurani Tergadaikan oleh Sembako dan Money Politik

Redaksi Manado Today   |   7 Agustus 2010 – 14:33 WITA

Oleh: Refly Monareh BSc

Pesta demokrasi lima tahunan baru selesai digelar, dan untuk mengetahui siapa yang keluar sebagai pemenang dalam perhelatan akbar tersebut masih akan menunggu hasil pleno KPUD.

Akan tetapi banyak  catatan penting yang tersisa dalam pelaksanaan pemilukada 2010, seperti kurangnya sosialisasi sehingga berakibat pada tingginya jumlah pemilih yang tidak menyalurkan hak pilihnya, belum lagi banyaknya surat suara rusak di sejumlah TPS yang semestinya sebelumnya sudah diantisipasi pihak penyelenggara pemilu, hal-hal seperti inilah yang menjadi catatan sekaligus pelajaran pihak penyelenggara pemilu agar kedepan nantinya tercipta pemilukada yang benar-benar berkualitas.

Fenomena yang paling memiriskan, masyarakat diajarkan melakukan money politik dan bagi-bagi sembako secara berjamaah oleh para tim pemenangan calon agar  para kandidat bupati dan wakil bupati mereka mendapat dukungan suara dalam pemilukada,dan warga pemilihpun menganggap ini sebuah ‘berkat’ yang diberikan lewat tangan-tangan tim sukses yang harus diterima ,ironisnya pengawas pemilukada (Panwaslukada) seolah-olah ‘mati suri’ karena tidak pro aktif menindak mengawasi,tim pemenangan calon dalam menjalankan aksinya selama masa tenang,karena  sudah menjadi rahasia umum tim sukses akan bergerilia dan melancarkan aksinya selama masa tenang.Hal ini menunjukkan betapa lemahnya pengawasan pemilukada yang sebenarnya bertugas mengawasi dan mencegah money politics agar menghasilkan pemilukada yang berkualitas, bersih, santun dan beretika.
Harus diakui pendidikan Politik kepada masyarakat masih sangat minim,sehingga moralitas dan hati nurani masyarakat tergadaikan hanya karena uang dan sembako.

Sebagai Pendukung pasangan ‘Sejati’, sejatinya kami telah mencontohkan sebagian kecil arti demokrasi yg sesungguhnya karena pemilih pasangan ini benar2 sesuai hati nurani.
Oleh karena pemilukada di Minsel diperkirakan akan dilaksanakan dalam dua putaran,  dihimbau kepada masyarakat jadilah pemilih yg cerdas, hindari money politik, agar  Pemilukada yang berkualitas dapat menghasilkan Pemimpin yg benar2 pro rakyat, akuntabel, memiliki integritas tinggi, dan iman yg teguh, semoga.

Penulis adalah Ketua Partai Buruh Minahasa selatan

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading