Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Himaju Ilmu Pemerintahan Fisip Unsrat Gelar Diskusi Ilmiah Moratorium CPNS

Staff Manado Today   |   25 Agustus 2011 – 23:24 WITA
Ferry Liando

Ferry Daud Liando SIP MSi

Manado Today – Himpunan Mahasiswa Jurusan (Himaju) Ilmu Pemerintahan, Fisip Unsrat, Kamis (25/08/2011) siang tadi, bertempat di ruang sidang jurusan ilmu pemerintahan melakukan diskusi ilmiah dengan topik moratorium CPNS.

Dimana DR Ferry Liando SIP MSi dan Drs Marcel Mantiri menjadi pembicara dalam diskusi ilmiah tersebut, sedangkan para peserta terdiri dari dosen dan mahasiswa.

“Moratorium CPNS untuk menghemat APBD tidak akan efektif, karena APBD terkuras bukan hanya diakibatkan membludaknya jumlah PNS. Tingginya, tunjangan bagi pejabat di daerah menjadi penyebab terkurasnya APBD,”ujar jebolan doktor Universitas Padjadjaran ini.

Lanjut dikatakan Akademisi muda penuh talenta tersebut, begitu leluasanya Pemerintah Daerah (Pemda) menaikan tunjangan tanpa kontrol Pemerintah Pusat adalah juga salah satu biang terkurasnya APBD. Belum lagi, akibat tingginya biaya-biaya fasilitas pemerintah seperti mobnas dan biaya perjalanan dinas.

“Jadi, jika menghemat APBD tanpa membatasi tunjangan dan biaya fasilitas pejabat, maka APBD tetap terkuras,” kata putra Malola ini.

Lebih jauh, pengamat Pemerintahan dan Politik kenamaan ini, menambahkan agar Pemda harusnya melakukan kajian mendalam terhadap penerimaan CPNS. Pasalnya, banyak pegawai tidak bekerja atau tidak professional, seperti halnya keluyuran saat jam kerja, baca Koran, main FB, dan gosip-gosip. Anehnya, mereka tetap digaji sama dengan pegawai yang memiliki volume dan beban kerja tinggi.

“Penyebab ini karena penerimaan CPNS dilakukan tanpa analisis yang mendalam. Karena penerimaan dilakukan berdasarkan kuota, bukan berdasarkan kebutuhan pekerjaan. Kemudian tidak dilakukan seleksi terhadap sarjana-sarjana yang memiliki keahlian berdasarkan kebutuhan pekerjaan,”kunci Liando.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading