Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Hingga September, 659 Surat Pengaduan Diterima KPK dari Sulut

Tonny Sumakul   |   28 September 2011 – 19:36 WITA

Manado Today – Wakil Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK), Mochammad Jasin, mengatakan, terhitung sejak 1 Januari 2004 hingga 23 September 2011, pihaknya telah menerima 659 surat aduan masyarakat dari Sulut.

Mochammad Jasin

Wakil Ketua KPK : Mochammad Jasin

“Dari 659 surat pengaduan masyarakat itu, yang kami telaah sebanyak 654 surat. Dan sebanyak 45 surat aduan, dilanjutkan ke internal KPK,” kata Jasin, ketika berada di Manado, Rabu (28/9/2011).

Disampaikannya lagi, Laporan telaahnya, kemudian ditindaklanjuti ke instansi berwenang, yakni sebanyak 76 surat. Sedangkan yang ditindak lanjuti dengan permintaan penambahan data pelapor, sebanyak 168 surat.

“Permintaan penambahan data itu, bukan untuk dugaan tindak pidana korupsi, namun karena tanpa identitas dan tanpa bukti awal, yang mencapai 315 surat aduan,” ujar Jasin.

Ia menjelaskan, untuk 76 surat yang ditindaklanjuti ke instansi berwenang, 32 aduan yang ditangani kejaksaan, kepolisian sebanyak 33 aduan, serta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) 9 aduan, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) 6 surat aduan, Itjen dan Pengawas 1 surat aduan, Mahkamah Agung 3 surat aduan, dan Bawasda 7 surat aduan.

“Untuk surat aduan yang ditangani internal KPK, di bidang pencegahan 9 surat aduan, bidang pendindakan 32 surat aduan, dan bidang lain 4 surat aduan,” terangnya, seraya menambahkan, seharusnya yang melapor harus ada nama dan alamatnya sehingga bisa kita proses.

Ditambahkan Jasin, untuk pelapor akan dilindungi keselamatannya. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading