Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Hukum Tua dan Lurah se- Minsel ‘Pelesir’ ke Pulau Jawa

David Masengi   |   29 Agustus 2012 – 22:10 WITA

AMURANG, (manadotoday.com) -Aksi jalan-jalan atau pelesir ke Pulau Jawa, yang dikemas dalam kunjungan kerja dan bimbingan tehnis (Bimtek) akan kembali dilakoni oleh hukum tua dan Lurah yang tersebar di Kabupaten Minahasa Selatan.

Bahkan tak tanggung-tanggung Pemkab Minsel akan memboyong seluruh hukum tua dan Lurah untuk mengunjungi Jakarta, Bogor serta Kota Kembang Bandung.

Ironisnya, untuk biaya perjalanan ratusan hukum tua pada agenda kerja ini akan diambil dari alokasi dana desa (ADD) yang harusnya dipakai untuk pembangunan infrastruktur Desa.

”Semua hukum tua angkat berangkat semua dengan tujuan Bogor, Bandung dan Jakarta, yang dirangkaikan dengan pelatihan di Kemendagri, yang akan dibagi dalam dua kloter,” ujar salah satu satf di Badan Pemberdayaan Pemerintahan dan Masyarakat Desa (BPMPD) Minsel, yang meminta namanya dirahasiakan.

Lanjut dia, Camat dan Ratusan Kumtua Minsel sebelum ke Bandung, para Kumtua terlebih dahulu akan mengikuti pelatihan selama kurang lebih 2 hari di Depdagri Jakarta.

”Setelah di Depdagri para hukum tua akan berkunjung ke Bogor dan kemudia melanjutkan Studi Banding di Bandung,” terangnya.

Sementara itu, salah satu Hukum Tua yang enggan namanya ditulis mengungkapkan, keberangkatan para Hukum Tua ke tiga Provinsi ini bisa saja diambil dari ADD sebesar 60 persen yang akan dicairkan beberapa hari kedepan atau dari kantong pribadi.

”Dana untuk Bimtek ini bisa saja dari kantong pribadi atau diambil dari ADD,” ujar Hukum tua yang termasuk pada kloter dua ini. Kepala BPMPD Minsel Olvie Lumi SSTP saat dikonfirmasi manadotoday membenarkan hal tersebut.

“Ya benar, sejumlah Lurah dan Kumtua di Minsel akan berangkat ke tiga Provinsi yakni Jakarta, Bogor dan bandung untuk melakukan studi banding dan Keberangkatan itu akan di bagi dua kloter, untuk kloter pertama akan berangkat pada Kamis (30/8/2012) besok, sedangkan untuk kloter kedua akan berangkat pada Selasa (4/9/2012) mendatang,” ujarnya.

Sementara itu keberangkatan para Hukum tua ini disikapi oleh salah satu tokoh pemuda Minsel, Hesky Liando. Menurutnya rencana keberangkatan sejumlah Kumtua ke tiga Provinsi itu hanya menghambur-hamburkan  uang saja.

“Ini merupakan bentuk pemborosan uang rakyat apalagi dananya diambil dari ADD yang sebenarnya digunakan untuk pembangunan infrastruktur di desa,” tandasnya.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading