Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Minahasa Selatan

Hukum Tua di Minahasa Selatan Kecewa ADD Belum Disalurkan

David Masengi   |   28 Juni 2012 – 07:10 WITA
Ruddy R Mawitjere

Ruddy R Mawitjere

AMURANG, (manadotoday.com) – Hukum tua se-Minahasa Selatan mengaku kecewa kepada pemerintahan yang kini dipimpin Bupati Christiany Eugenia Paruntu. Pasalnya, hingga kini Anggaran Dana Desa (ADD) untuk triwulan kedua tahun 2012 belum juga disalurkan. Hal tersebut diakui Hukum Tua Kumelembuai Satu, Ruddy Mawitjere kepada manadotoday.

Menurutnya, ADD sangat penting guna kelangsungan pembangunan di Desa. Untuk itu,  perlu perhatian ekstra dari Pemerintah Kabupaten.

“Pencairan ADD memang dilakukan per-semester. Namun bukan berarti harus ada keterlambatan seperti ini. Karena pencairan ADD sejak 2009 tidak becus. Bahkan untuk tahun 2010 lalu tidak cair sama sekali dengan kata lain pemutihan,”jelas Mawitjere.

Lanjut dikatakannya, tahun 2009 lalu, ADD yang dicairkan hanya untuk tahap II yakni Rp 73 juta, sebanyak 50-an Desa tidak menerima. Sementara itu, tahun 2011 anggaran ADD berkurang Rp 33 juta.

Manarinya, Mawitjere mengakui pemeriksaan realisasi fisik dari ADD oleh pihak inspektorat waktu lalu, hanya sebatas formalitas belaka.

“Inspektorat hanya memeriksa adminstrasinya saja. Contoh kongkrit di Kecamatan Kumelembuai, hanya Kumelembuai raya yang diperiksa oleh Inspektorat, namun untuk desa di luar seperti Desa Makasili dan Malola, tidak lagi diperiksa,”jelasnya.

Senada dikatakan Hukum Tua Desa Kumelembuai II, Novi Pongantung, mengaku kecewa terhadap pemerintahan saat ini. Karena  terkesan cuek untuk mencairkan ADD.

“Jelas sampai saat ini kami sudah sangat kecewa,  karena ADD sudah sangat dibutuhkan.”ujarnya.

Mereka menilai, Pemkab Minsel dalam hal ini BPMD terkesan hanya membiarkan dan cuek dan tidak mau menseriusi persoalan tersebut.

”Kami berharap ini akan menjadi perhatian pemerintah sehingga bisa menindaklanjuti keluhan ini,” katanya.

Sementara itu Kepala BPMD Minsel Olivia Lumi SSTP saat dikonfirmasi manadotoday mengatakan kalau untuk pembayaran ADD tersebut akan mereka lakukan dalam waktu dekat ini.

”Berkasnya sudah ada di Dinas Keuangan dan sementara berproses. Jadi saya harap para Hukum Tua bersabar sedikit,”ujarnya.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading