Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Bitung, Headline

Humiang : Berdirinya Desa di Dalam Kelurahan Tak Dibenarkan UU

Aldy Monareh   |   22 Oktober 2011 – 15:10 WITA

Terkait Permasalahan Tendeki – Rok-rok

Kelurahan Tendeki Bitung

Pintu Gerbang Kelurahan Tendeki Kecamatan Matuari Kota Bitung

Manadotoday.com, Bitung – Tudingan pemerintah kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) melalui media yang menyebutkan bahwa Pemerintah Kota Bitung terlalu memaksakan kehendak karena menginginkan desa Rok-rok masuk di wilayah pemerintahan Kota Bitung, dibantah keras oleh Sekretaris Daerah Kota Bitung Drs Edison Humiang.

Pada dasarnya kata Humiang, jika Rok-rok masuk ke wilayah Kota Bitung Itu telah sesuai dengan Undang-undang, dimana dalam UU No 32 Tahun 2005 Tentang Pemerintahan Daerah dan PP No 72 Tentang Desa diatur untuk dimekarkannya sebuah Desa minimal harus mempunyai Infrastruktur dan memiliki 200 KK atau jumlah penduduknya minimal 1000 jiwa. Sementara untuk Rok-rok sendiri hanya memiliki 30 KK.

”Jika mengacu pada aturan, Desa Rok-rok belum layak menjadi sebuah Desa, karena hanya memiliki sekitar 30 KK,” terang Humiang.

Humiang juga menegaskan bahwa dalam UU juga tidak dibenarkan ada suatu Desa di dalam Kelurahan. Sebab akan halnya permasalahan Tendeki – Rok-rok, bukan masalah tapal batas. Yang sebenarnya adalah sebagian penduduk Desa Rok-rok ada di tengah-tengah Keluarahan Tendeki.

”Kan tidak mungkin ada Negara di dalam Negara atau Desa dalam Kelurahan,” ujar Humiang berharap pemkab Minut lebih bijaksana melihat permasalahan ini agar tidak menimbulkan resistensi diantara kedua wilayah ini dan meminta Pemprov secepatnya menyelesaikan masalah ini.

Dalam kaitannya dengan masalah Tendeki – Rok-rok, wakil Gubernur ketika berkunjung ke Kota Bitung beberapa waktu lalu menyatakan permasalahan Tendeki-Rok-rok saat ini sementara di kaji di Pemprov Sulut.

”Mudah-mudahan tahun ini masalah Tendeki-Rok-rok, selesai tahun ini,” ujar Kansil. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading