Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Bitung

Humiang Minta Pengusaha Perikanan Dukung Kawasan Minapolitan

Redaksi Manado Today   |   19 April 2011 – 22:45 WITA

 

Edison Humiang

Edison Humiang

Bitung Today – Sekretaris Kota Bitung, Edison Humiang, minta pengusaha perikanan yang ada di kota tersebut mendukung program Minapolitan Kota Bitung yang saat ini segera dibangun.
“Pengusaha yang ada di Kota Bitung agar terlibat langsung dalam pengembangan kawasan minapolitan, termasuk membangun sarana dan infrastruktur,” kata Sekretaris Kota Bitung, Edison Humiang, di Bitung, Selasa.
Edison mengatakan, zona inti kawasan Minapolitan yakni area Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung. Di lokasi tersebut, selain itu akan dibangun rumah pintar pembelajaran bagi nelayan juga akan dilengkapi pos kesehatan yang beroperasi selama 24 jam.
“Fasilitas-fasilitas ini akan dibangun untuk mendukung kenyamanan dan memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada para nelayan. Pelaku usaha diminta turut peduli,” kata Edison.
Keterlibatan para pengusaha di Kota Bitung, kata Edison, akan mempercepat keberhasilan Kota Bitung agar membangun kawasan Minapolitan. Percepatan pembangunan ini sangat bermanfaat bukan hanya bagi masyarakat, tetapi juga dalam upaya meningkatkan perekonomian daerah.
Di kawasan Minapolitan tersebut, kata Edison, akan ada manfaat dirasakan para pelaku usaha perikanan, di antaranya retribusi perikanan akan direvisi menjadi nol persen.
“Ini dimaksud agar tidak memberatkan nelayan kecil karena nantinya retribusi dikenakan pada kapal besar ukuran 30 Gross ton (GT) ke atas,” kata Edison.
Mekanisme penjualan ikan dari kapal-kapal berukuran besar tersebut, kata Edison, akan diatur melalui Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan dikenakan retribusi, tetapi semuanya akan dibicarakan terlebih dahulu dengan pemangku kepentingan terkait maupun Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).
“Terpenting adalah keberhasilan Kota Bitung menjadi kawasan Minapolitan dan ini membutuhkan pengorbanan dan kerja keras, seluruh pihak,” kata Edison. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading