Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Humiang Minta Warga Dukung Program Minapolitan

Aldy Monareh   |   25 Februari 2012 – 12:12 WITA
sekkot bitung

Sekretaris Kota Bitung, Edison Humiang

Bitung, (manadotoday.com) – Ditetapkannya Kota Bitung sebagai kawasan Minapolitan berbasis tangkap, yang meliputi tiga zona yakni Kecamatan Lembeh Utara, Selatan dan Aertembaga, diharapkan akan mendapat support dan dukungan masyarakat.
Demikian diharapkan Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Minapolitan Drs Edison Humiang MSi.
Humiang berlasan bahwa jika Minapolitan yang merupakan program pembangunan ekonomi berbasis tangkap yang bertumpu pada sektor perikanan, jika tidak mendapat dukungan dari seluruh elemen masyarakat tidak akan berhasil.
”Program Minapolitan ini tujuan utamanya adalah untuk memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat wilayah pesisir. Karena itu seluruh elemen diminta bekerjasama dalam menunjang program ini,” ujar Sekdakot Bitung ini.
Lanjuta dikatakan, untuk optimalisasi program percepatan Bitung sebagai kawasan Minapolitan berbagai hal telah dilakukan Pemkot Bitung melalui instansi terkait dalam menunjang program ini, diantaranya pelatihan Kelompok Usaha Bersama Ekonomi, Pemberian Jamkesda bagi wilayah pesisir yang merupakan kawasan Minapolitan, pembangunan jalan lingkar Lembeh sebesar Rp 31 Milliar yang bersumber dari APBD.
”Sementara untuk anggaran yang diperuntukan guna menunjang program Minapolitan, yang bersumber dari APBN turun langsung ke masing-masing SKPD terkait, tidak melalui kas daerah. Sementara Pemerintah hanya melakukan kontrol dan pengawasan,” terangnya.
Diuraikannya, dana APBN yang diperuntukan bagi pengembangan kawasan Minapolitan ini, masuk ke beberapa instansi tehnis pusat seperti Departemen Kelautan dan Perikanan, Pelabuhan Perikanan Samudera, yang mendapatkan anggaran sebesar Rp 13.8 milyar.
Begitu pula untuk Dirjen Tangkap Departemen Kelautan dan Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut untuk berbagai pelatihan dan penyuluhan serta rehabilitasi dan penyebaran benih ikan.
”Sedangkan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bitung sebesar Rp 4,8 Milliar digunakan untuk pembuatan 4 unit kapal lebih dari 30 GT.” pungkasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading