Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

HUT RI ke-67, 1082 Narapidana di Sulut Dapat Remisi

Tonny Sumakul   |   17 Agustus 2012 – 17:08 WITA
lapas tuminting

Gubernur Sarundajang dan Wagub Djouhari Kansil, foto bersama para tahanan di Lapas Tuminting

MANADO, (manadotoday.com) – Dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdakaan Republik Indonesia ke-67, sebanyak 1082 narapidana di Sulawesi Utara (Sulut), menerima remisi dari Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Amir Syamsudin.

Pemberian remisi umum I dan remisi umum II bagi para napi di Sulut itu, dibacakan Gubernur Dr. Sinyo Harry Sarundajang, selaku Inspektur Upacara pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-67, di Lembaga Pemasyarakatan kelas 2 Tuminting Manado, Jumat (17/8).

Menkumham dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Gubernur Sarundajang, mengatakan, pemberian remisi ini untuk tak diartikan sebagai upaya “memanjakan narapidana”, atau upaya hanya karena berpihak pada kepentingan narapidana semata.

“Pemberian remisi ini hendaknya dipahami dari sisi rasa kemanusiaan, bahwa pada dasarnya merupakan wujud kepeduliankita menjaga agar narapidana tetap mampu menjadi manusia seutuhnya, dan mampu menjaga integralitas hidup, kehidupan dan penghidupannya,” ujar Sarundajang mengutip pernyataan Menteri.

abdi buchari, epe, yal di lapas

Sejumlah mantan pejabat di Sulut yang menjalani masa tahanan

Lanjutnya menyampaikan, pemberian remisi tahun ini juga memiliki makna yang sangat berarti, sebab bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan.

“Mudah-mudahan juga narapidana akan mengambil pelajaran dari yang dirinya dapat selama menjalani hukuman,” tandas Sarundajang.

Hadir pada upacara tersebut, Wagub Sulut Dr. Djouhari Kansil, MPd, Unsur Forkopimda dan Pejabat teras Pemprov. Sementara para napi, terlihat mantan Ketua DPRD Sulut Drs. Syahrial Damopolii, mantan Wawali Manado Abdi Buchari, dan mantan Walikota Tomohon Jeferson Rumajar, mantan Asisten Ekbang Jos Saruan dan anggota DPRD Minut Mieke Nangka. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading