Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Hydrant Bukan Jawaban Mengatasi Kebakaran

Aldi Mawitjere   |   9 Juli 2012 – 14:26 WITA

Kesadaran Masyarakat Adalah yang Utama

vicky lumentut

Walikota Manado menghimbau warga kota agar waspada terhadap kebakaran

MANADO, (manadotoday.com) — Musibah kebakaran merupakan salah satu masalah yang patut diwaspadai mengingat akhir-akhir ini Manado, rentan terjadi kebakaran. Namun, untuk mengatasi hal tersebut tidak bisa dipermasalahkan menyangkut peralatan yang ada, hanya saja kesadaran masyarakat untuk mencegah terjadinya kebakaran itu adalah yang terutama.

Menurut Walikota Manado GS Vicky Lumentut, melihat kondisi cuaca yang panas sehingga masalah kebakaran itu harus diperhatikan semua masyarakat.

“Sejauh ini saya melihat memang peralatan yang dimiliki pemadam kebakaran itu, perlu dievaluasi kembali. Karena telah banyak mengalami kerusakan,” ujar Lumentut.

Ditambahkan Lumentut, masalah krusial yang perlu diperhatikan yakni bukan pada peralatan pemadam, sebenarnya menyangkut kesadaran masyarakat untuk memperhatikan segala peralatan. Dicontohkannya, ketika selesai menonton televisi itu harus dimatikan, dan memastikan kompor telah mati setelah selesai menggunakannya. Itulah beberapa aspek yang harus dilakukan setiap warga, agar terhindar dari masalah kebakaran.

“Mari kita kerja bersama-sama, karena kalau semua harus berharap akan ditangani pemerintah melalui pemadam kebakaran, itu tidak bisa menjamin. Sebab pemadam kebakaran itu hanya membatasi agar tidak meluas ke rumah warga lain,” tuturnya.

Lanjut Lumentut, pastinya menyangkut hydrant disetiap kecamatan itu memang akan dievaluasi kembali. Memang idealnya, setiap kecamatan harus mempunyai 4 buah hydrant.

“Untuk itu Pemkot akan mengecaluasi dan memperbaiki kembali. Pada dasarnya, itu bukan kata kunci yang sebenarnya untuk mengatasi masalah kebakaran. Kesadaran masyarakatlah yang menjadi jawaban, karena semua itu tidak akan terjadi kalau masyarakat sadar akan bahaya kebakaran,” pungkasnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading