Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

ICT Pura : Manado Masuk Kategori I-muda

Aldi Mawitjere   |   21 November 2011 – 15:27 WITA

kantor walikota manadoManado, MTC – Selang kurang lebih dua pekan, Tim Survei dari Direktorat Jenderal Pos dan Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika RI didampingi Tim Ad Hoc dari Dinas Kominfo Kota Manado melaksanakan survey pengembangan teknologi informasi dan komunikasi atau ICT Pura, dengan melibatkan berbagai stakeholder pengembang ICT di Kota Manado.
Alhasil, kota Manado ditetapkan salah satu dari 165 Kabupaten/Kota di Indonesia. Juga salah satu dari 5 Kabupaten/Kota di Sulut. Dimana Pemkot Manado masuk kategori I-muda atau sudah hampir siap.
Tak pelak, kota Manado di bawah kepemimpinan Walikota DR GS Vicky Lumentut dan Wakil Harley AB Mangindaan SE MSM, membuktikan tampa janji muluk-muluk dengan intens melakukan terobosan di bidang pengembangan teknologi komunikasi dan informatika (TIK).
Koordinator Tim Survei Provinsi Sulut, Yonatan Parassa SKom MT, menguraikan bahwa ICT Pura telah menetapkan empat penghitungan Indeks yang diadopsi, masing-masing : ICT Use (terkait dengan keputusan pemerintah daerah), ICT Readiness (terkait dengan ketersediaan infrastruktur yang pada dasarnya merupakan keputusan industry penyedia jasa infrastruktur), ICT Capability (terkait sumber daya dan kemampuan komunitas dalam mengeksplorasi dan mengeksploitasi asset TIK), dan ICT Impact (terkait manfaat langsung dari keberadaan TIK terhadap masyarakat).
“Sesuai dengan sistem “scoring” yang dipergunakan dalam kuesioner pemetaan, maka nilai Indeks ICT Pura akan berkisar antara 0 (terendah) hingga 5 (tertinggi),”jelas alumni perguruan tinggi computer terkemuka di Kota Makasar yang sekarang menjadi staf pengajar di Politeknik Negeri Manado ini.
Pun demikian, hasilnya Kota Manado sudah masuk kategori 2, berdasarkan scoring.
“Setelah dilakukan uji petik oleh Tim Survey dan Tim Ad Hoc, Kota Manado secara resmi dilaporkan memiliki indeks 2,405 dan dikategorikan sebagai KOTA SUDAH HAMPIR SIAP dalam pengembangan TIK,”ujar Kepala Seksi Pelayanan Pers dan pengelola media center Frangky Mocodompis SSos MSi kepada manadotoday, Senin (21/11/2011).(ald)

Nilai (Scoring) dengan pengertian sebagai berikut:
0 = Kota/Kabupaten sama sekali tidak siap (I-mula)
1 = Kota/Kabupaten masih jauh dari siap (I-pratama)
2 = Kota/Kabupaten sudah hampir siap (I-muda)
3 = Kota/Kabupaten telah siap (I-madya)
4 = Kota/Kabupaten telah siap, dan mampu bersaing (I-utama)
5 = Kota/Kabupaten telah siap, dan terdepan dalam persaingan (I-paripurna)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading