Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Ijin Tower Diatas Gedung Mulai Menjamur

Aldi Mawitjere   |   22 Juni 2012 – 07:42 WITA
PAD Kominfo

Salah satu tower diatas gedung

MANADO, (manadotoday.com) —Pembangunan tower diatas gedung di Manado kini mulai menjamur. Lihat saja, dijalan Sudirman tepatnya di atas hotel Ahlan City depan Apotek Uno 2, kini telah berdiri tower.

Tak pelak, kondisi ini jelas berbanding terbalik dengan pendapatan asli daerah (PAD) Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Manado yang kini memasuki triwulan ketiga, baru mencapai Rp7 juta dengan target total 2012 ini Rp231 juta.Kadiskominfo Manado, Ferry Soetanto yang dikonfirmasi, mengatakan, semua tower yang ada di wilayah Manado sudah terdata.

“Mungkin tower tersebut termasuk yang kena retribusi. Karena sesuai data kami tower yang ada telah didata,”kata Soetanto.

Terkait dengan ijin mendirikan bangunan tower lanjutnya, pasti ketika ada tower yang dibangun di atas bangunan dengan ketinggian 6 meter keatas sudah menambah bentuk bangunan dan wajib dikenakan retribusi sesuai dengan peraturan.

Namun dilain sisi, Ketua Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Sulut Tommy Sumelung mengingatkan, agar pemerintah harusnya lebih detail melihat kondisi bangunan baru keluarkan ijin untuk tower tersebut.

“Semua kegiatan yang berhubungan dengan bangunan khususnya di kota Manado termasuk pembangunan tower apalagi diatas bangunan harus sesuai dengan aturan. Idealnya pengajuan ijin bangunan dalam mengurus IMB harus dijelaskan pemanfaatanya kemudian. Jangan ketika bangunan berdiri baru pembangunan tower menyusul,”tegas Sumelung.

Sumelung menilai, menara base transceiver station (BTS) di atas gedung membahayakan masyarakat di sekitarnya. “Untuk itu, penempatan tower BTS di atas gedung perlu dikaji kembali, bahkan harus lebih detail terutama menyangkut kekuatan bangunan maupun kontruksinya,”tandas Sumelung.

Diketahui, Diskominfo Manado sendiri telah mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) nomor 3 tahun 2010 tentang Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi (PMT).

Sementara, data yang dihimpun dari Diskominfo Manado, di Kota Manado sedikitnya terdapat 89 menara telekomunikasi yang terdiri dari menara seluler 60 tiang, televisi 11 tiang dan menara radio 25 tiang.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading